Tidak ada kebahagiaan yang melebihi mudik. Beruntung bagi yang masih bisa mudik
Semarang (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menunggu waktu berbuka puasa atau "ngabuburit" bersama para pemudik di tempat istirahat KM 379A Tol Semarang-Batang di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa.

Bersama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Menteri Basuki juga membagikan takjil bagi para pengunjung tempat istirahat yang berada di sisi lajur kendaraan dari arah barat ke timur itu.

Menteri Basuki juga menyempatkan diri meninjau para pedagang yang berada di Kampung UMKM di tempat istirahat tersebut.

Menurutnya, semakin banyak UMKM yang dilibatkan untuk membuka usaha di tempat-tempat istirahat di sepanjang jalan tol di seluruh Indonesia. "Merupakan bagian dari membangkitkan ekonomi lokal," katanya.

Menteri Basuki berharap lebih banyak produk lokal dari masing-masing daerah di tempat rest area berada. "Seharusnya ada lebih banyak masakan tradisionalnya," ujar Menteri PUPR itu. 

Baca juga: Presiden minta tol selesai konstruksi dicek kembali usai Lebaran

Ia mengatakan keberadaan tempat-tempat beristirahat di seluruh jalur tol akan selalu dievaluasi demi kenyamanan pengunjung.

Di berbagai ruas tol di Pulau Jawa, kata dia, terdapat lebih dari 90 tempat istirahat.

"Evaluasi akan dilakukan demi kenyamanan agar nanti setelah masa mudik tidak sepi," ujarnya. 

Ia mengingatkan terdapat tiga kunci dalam mewujudkan mudik aman, nyaman, dan berkesan. Menurut dia, prasarana harus siap, regulasi sudah disiapkan, serta harus didukung dengan perilaku penggunanya.

"Tidak ada kebahagiaan yang melebihi mudik. Beruntung bagi yang masih bisa mudik," kata Menteri PUPR Hadi Muljono.

Baca juga: Menteri PUPR: Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka-Dawuan fungsional Lebaran

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023