counter

Arus Mudik

Libur panjang pengaruhi berkurangnya lonjakan roda dua di Kalimalang

Libur panjang pengaruhi berkurangnya lonjakan roda dua di Kalimalang
Kondisi arus lalu lintas di depan Pos Pengamanan Lebaran Sumber Arta, Kalimalang, Bekasi, H-2 jelang perayaan Idul Fitri 1444 H, Kamis (20/4). (ANTARA/Ahmad Faishal)
Jakarta (ANTARA) - Penetapan libur nasional sepanjang satu pekan dalam rangka Idul Fitri 1444 Hijriah kali ini menjadi salah satu faktor tidak adanya lonjakan lalu lintas yang signifikan di jalur arus mudik kendaraan bermotor Kali Malang, Bekasi.

"Karena sejak jauh hari Pemerintah telah mengantisipasi lonjakan kemacetan, maka bisa dilihat selama beberapa hari belakangan ini tidak ada pergerakan kendaraan secara luar biasa yang berakibat pada kemacetan," kata Kepala Pos Pengamanan Lebaran 2023 Sumber Arta, Bekasi, Jawa Barat, Iptu Mian Siregar kepada ANTARA, Kamis.

Baca juga: Jumlah pemudik H-2 tujuan Sumatera via Pelabuhan Merak capai 633 ribu

Mian menambahkan tidak adanya pergerakan kendaraan yang signifikan tersebut itulah yang menjadi pertimbangan belum diberlakukannya sistem satu arah atau one way.

"Satu arah hanya bersifat situasional," katanya.

Sebagai informasi, Pemerintah telah menetapkan cuti bersama dan libur Lebaran kali ini berlaku sepanjang 19-25 April 2023. Rentang waktu panjang cuti tersebut, kata Mian, sangat dimanfaatkan para pemudik utamanya kendaraan roda dua untuk mempersiapkan waktu perjalanan menuju kampung halaman mereka.

"Nanti setelah Hari Raya, kemungkinan besar jalur ini akan sangat lengang. Jadi, memang momentum kepadatannya pada dua hari ini dan syukurlah tidak ada hambatan atau kepadatan yang menimbulkan kemacetan," jelasnya.

Berdasarkan pemantauan pada pukul 17.50 WIB, arus lalu lintas di depan Pos Pengamanan Lebaran Sumber Arta Kalimalang terpantau lancar dan normal. Sebanyak 13 personel pengamanan di posko ini senantiasa bersiaga penuh di sejumlah titik guna mengatur dan memantau arus lalu lintas.

Para pemudik pengguna sepeda motor juga diimbau untuk mempersiapkan kendaraan, menjaga kondisi tubuh, dan mengantisipasi kondisi cuaca hujan ringan dan sedang yang berpotensi akan meliputi kawasan Bekasi pada dua hari ini jelang Idul Fitri 1444 Hijriah kali ini.

Baca juga: Arus kendaraan di gerbang Kalikangkung masih tinggi, namun lancar

Baca juga: Kapolri, Panglima TNI, dan Menhub pantau arus mudik di Bakauheni

Baca juga: Tol Cikupa padat, 53.211 kendaraan melintas pada H-2 Lebaran
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023

Ribuan penumpang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada H+1 Natal