kemakmuran jamaah bisa tercapai
Jakarta (ANTARA) - Masjid Raya Al Isra di Jakarta Barat memanfaatkan ruang bekas anjungan tunai mandiri (ATM) yang sudah lama tidak digunakan menjadi depot air minum Kangen Water hasil hibah MayBank Syariah untuk dikelola jemaah dan memberdayakan masyarakat sekitar masjid.

"Depot ini kemudian difungsikan sebagai amal usaha masjid, untuk menghidupi perekonomian masjid," ungkap Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Al Isra Kiai Nurhadi saat ditemui Antara di depan food court culinary Masjid Raya Al Isra, di Jakarta Barat pada Kamis.

Nurhadi mengatakan Kangen Water yang diproduksi kemudian dikemas dan dijual ke masyarakat sekitar. Ia berharap penjualan air itu bisa meluas dan tidak terbatas bagi warga di sekitar masjid saja.

"Bukan tidak mungkin untuk pemasarannya akan meluas, seiring dengan perkembangan usaha masjid. Kita berdoa saja agar mimpi-mimpi yang dibangun atas dasar kemakmuran jamaah bisa tercapai," ungkap Nurhadi.

Sebelumnya, lanjut Nurhadi, Pengurus Masjid Raya Al Isra dengan bantuan dari Bank BRI, sudah mendirikan food court culinary di depan area masjid.

Food court tersebut kemudian digunakan untuk membantu jamaah masjid yang tergolong dalam Mustahik zakat, atau orang-orang yang berhak menerima zakat.

Visi dari food court tersebut adalah setelah satu tahun menjalankan usaha atau berdagang di lokasi yang telah disiapkan, maka para Mustahik berdagang bisa menjadi Muzakki atau orang yang memberi zakat.

"Walau bagaimanapun juga, kehidupan ekonomi masjid tidak hanya bisa bergantung pada kotak infaq. Kita ingin keluar dari konsep ekonomi masjid yang seperti itu, dengan membangun unit-unit usaha seperti ini," tutup Nurhadi.

Baca juga: Masjid di Jakbar sediakan kios permanen berdayakan perekonomian jemaah

Baca juga: Masjid Lautze dakwah dengan akhlak didik para mualaf

Baca juga: Pos Terpadu Lebaran Polda Papua Barat mirip masjid

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023