Lebak (ANTARA) -
Jumlah pemudik yang turun di Terminal Bus Mandala Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada H-1 Lebaran 2023 atau Jumat (21/4) sebanyak 740 orang dari 34 bus kedatangan dengan satu sif.

"Sebagian besar pemudik itu dari wilayah Jabodetabek,"kata Kepala Terminal Bus Mandala Rangkasbitung Kabupaten Lebak Muksin di Lebak, Jumat.

Pemudik pada H-1 sebanyak 740 orang sekaligus jadi puncak mudik melalui terminal ini,  meningkat dibandingkan H-2 sebanyak 698 orang dengan 59 bus dengan tiga sif.

Ia mengatakan pemudik yang turun di Terminal Bus Mandala tersebut, melanjutkan kembali perjalanan ke sejumlah daerah di Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

"Kami mengutamakan keselamatan pemudik hingga  sampai tujuan," katanya.

Sedangkan, jumlah pemudik yang berangkat melalui Terminal bus Mandala Rangkasbitung pada H-1 Lebaran tercatat 288 orang atau turun dibandingkan H-2 sebanyak 292 orang.

Puncak keberangkatan keberangkatan pemudik terjadi pada H-5 sebanyak 291 orang.

Pihaknya mengapresiasi semua pemudik baik yang turun maupun keberangkat sehingga selamat sampai tujuan.

Para pemudik itu dilayani dengan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) juga angkutan kota dalam provinsi (AKDP).

"Semua bus itu laik beroperasi setelah dilakukan cek rem kendaraan ," ujarnya menjelaskan.

Sementara itu, Mulyati, seorang pemudik bertujuan Gunung Kencana Kabupaten Lebak mengaku dirinya bersama suami dan anak merasa senang setelah tiba di Terminal Bus Mandala Rangkasbitung.

"Kami setiap tahun mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran,"kata Mulyati warga Jakarta Utara saat naik angkutan pedesaan menuju Gunung Kencana Kabupaten Lebak.

 
 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023