Suka Makmue (ANTARA) - Pagelaran Ramadhan Fair 2023 yang diikuti oleh pelaku UMKM yang dipusatkan di sekitar Masjid Agung Baitul ‘Ala (Masjid Giok Aceh), Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, berhasil meraup pemasukan capai Rp500 juta dalam sepekan.

"Saya berharap, Ramadhan Fair kali ini adalah panggung pertama yang akan membuka langkah bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Nagan Raya, untuk menebarkan kiprahnya lebih luas," kata Pj Bupati Nagan Raya, Aceh Fitriany Farhas dalam keterangannya diterima Jumat malam.

Menurutnya, Ramadhan Fair perdana di 'Bumoe Rameune' Nagan Raya 2023, merupakan bukti kuat, bahwa bersama masyarakat, pemerintah serta swasta, kita bisa menciptakan gagasan serta mengisi momen Ramadhan.

Meski pelaksanaan Ramadhan Fair 2023 telah selesai dilaksanakan, namun tanggung jawab bersama untuk membangun Kabupaten Nagan Raya akan terus berlanjut.

Fitriany Farhas mengatakan total perputaran uang pada saat Ramadhan Fair 2023 ini lebih kurang Rp100 juta per harinya.

Hal ini membuktikan, bahwa dengan adanya Ramadhan Fair ini pemerintah daerah telah dapat menekan angka inflasi yang ada saat ini.

Melalui Ramadhan Fair 2023, diharapkan dapat menciptakan sebuah wajah baru bagi Kabupaten Nagan Raya, menjadi cerminan positif, yaitu Nagan Raya yang bermartabat, mandiri dan berwibawa.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Nagan Raya atas dukungan dan antusiasnya dalam mendukung terselenggaranya kegiatan itu.

"Harapan saya, kegiatan Ramadhan Fair perdana tahun ini akan menjadi batu loncatan bagi terbukanya berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal," katanya sambil berpantun
"Sinar nan perih menanti senja, mendayung sampan dengan lah pelan, terima kasih masyarakat Nagan Raya, sampai jumpa di Ramadhan Fair tahun depan," tutur Fitriany.

Wakil Ketua I Panitia Pelaksana Ramadhan Fair, Zulfika melaporkan, pelaksanaan Ramadhan Fair 2023 telah menghimpun setidaknya 67 UMKM, baik kuliner, fashion dan krya (kerajinan tangan).

Ada pun kegiatannya meliputi penyelenggaraan festival panggung Islami, bazar serta penyediaan layanan kepada masyarakat sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menunjang peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam mensukseskan kegiatan Ramadhan Fair.

"Tentunya, kegiatan ini tidak luput dari kelebihan dan kekurangan. Oleh karenanya, lebih dan kurang adalah hal yang harus sama-sama kita maklumi," kata Zulfika.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023