Mataram (ANTARA) - Jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat meningkat saat  libur Lebaran 1444 Hijriah.

Ketua Gili Hotel Association (GHA) Lalu Kusnawan mengakui terjadi lonjakan jumlah wisatawan ke kawasan wisata itu baik wisatawan mancanegara dan domestik maupun lokal NTB.

"Memang dari sisi kunjungan di bulan April ini kita naik, meski bukan karena libur Lebaran semata," ujarnya saat dihubungi melalui telepon dari Mataram, Senin.

Ia mengatakan khusus wisatawan mancanegara, peningkatan ini dipicu ada libur Paskah di luar negeri sehingga kunjungan wisatawan mancanegara naik.

Sedangkan, untuk kunjungan wisatawan domestik juga meningkat drastis 25 persen sampai 30 persen. Jumlah ini di tambah wisatawan lokal dari NTB, sehingga menambah tingkat kunjungan wisatawan ke kawasan tiga Gili, Trawangan, Air dan Meno.

"Kalau kita lihat libur Lebaran berpengaruh buat kunjungan wisatawan meski tidak signifikan. Karena pangsa pasar kita mancanegara dan kondisi hunian lagi naik sejak awal April," ujar Kusnawan.

Menurut dia, tingginya kunjungan wisatawan tersebut berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar hotel atau pun penginapan.

"Sekarang ini hunian kamar mencapai 75 persen dari pada hari biasa," katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB menargetkan kunjungan dua juta wisatawan baik mancanegara dan domestik pada 2023.

"Target kunjungan dua juta wisatawan ini, sebesar 70 persen wisatawan nusantara dan 30 persen wisatawan mancanegara," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady.

Untuk mendorong angka kunjungan wisatawan ini, Pemprov NTB menyiapkan 23 even pariwisata yang telah ditetapkan sebagai kalender pariwisata NTB selama tahun 2023.

Beberapa di antaranya seperti kejuaraan dunia balap World Superbike (WSBK) Mandalika dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). Kemudian, akhir bulan Juni, kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Sumbawa.

Selanjutnya, pada awal bulan Juli, kejuaraan balap MXGP Lombok di Eks Bandara Selaparang Kota Mataram. Selain itu, even balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP Mandalika akan digelar pada bulan Oktober.

Selain itu, ada juga kejuaraan dunia Triathlon Ironman Lombok, liga Surfing Dunia dan beberapa lomba balap sepeda kelas dunia.

Baca juga: Eksotisnya "Bumi Gora"

Baca juga: Dua Influencer dari Arab Saudi mempromosikan wisata NTB


Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023