Jakarta (ANTARA) - Polda Jawa Tengah telah menyiapkan petunjuk arah dan menyebar personel untuk pemilir (pemudik arus balik) yang ingin menggunakan jalur arteri menuju Jakarta.

"Di jalur-jalur arteri sudah kita siapkan terkait petunjuk arah maupun pengawalan, oleh karena itu masyarakat kita yang balik kalau mengalami hal-hal yang sifatnya petunjuk arah yang kurang pas silahkan hubungi petugas kami, nanti akan dipandu," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi di Semarang, Senin.

Luthfi mengatakan ada empat rute arus mudik-arus balik via jalur arteri di wilayah Jawa Tengah yakni Jalur Pantura, Jalur Tengah, Jalur Selatan dan Jalur Selatan-Selatan.

Personel Polda Jateng yang berjaga diseluruh jalur tersebut juga siap memberikan bantuan bagi pemilir yang kendaraannya mengalami kendala di wilayah Jawa Tengah.

"Kalau ada kendaraan yang trouble kita juga siap melayani masyarakat," ujarnya.

Luthfi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu tergesa-gesa milir ke arah Jakarta dengan harapan menghindari kepadatan arus lalu lintas.

"Kita juga tidak usah terburu-buru sebagaimana kebijakan Bapak Presiden durasi kita sangat panjang," ujarnya.

Pasalnya seluruh stakeholder terkait telah mempersiapkan berbagai hal untuk memastikan kenyamanan para pemudik dan pemilir, mulai dari menerapkan sistem one way di jalan tol, hingga memberikan diskon tarif tol bagi pemilir yang menunda keberangkatan ke arah Jakarta.

PT Jasa Marga memberikan diskon tarif sebesar 20 persen untuk kendaraan yang melakukan perjalanan dari Semarang sampai Jakarta pada periode arus balik Lebaran mulai 27 hingga 29 April 2023.

Diskon hanya berlaku untuk perjalanan menerus yang dimulai di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang dan berakhir di GT Cikampek Utama.

Adapun pemberian diskon akan mulai berlaku pada 27 April pukul 06.00 WIB hingga 29 April pukul 06.00 WIB.

Dengan besaran diskon tersebut maka kendaraan golongan I dari Rp372.000 menjadi Rp297.600, kendaraan golongan II dan III dari Rp575.000 menjadi Rp499.200.

Pemberian tarif diskon ini merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas saat arus balik.

Puncak arus balik sendiri diperkirakan terjadi dalam dua gelombang yakni pada 24 sampai 25 April dan 30 April hingga 1 Mei.

Baca juga: Pelabuhan Bakauheni masih terus dipadati arus balik kendaraan pemilir
Baca juga: H+1 Lebaran, pemilir kendaraan roda dua padati Pelabuhan Bakauheni
Baca juga: Bandara Halim siapkan layanan optimal hadapi pemilir Lebaran 2023

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023