Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta meningkatkan pengamanan objek wisata selama libur Lebaran 2023 untuk mengantisipasi kemacetan dan menjamin keselamatan wisatawan.

Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu Triatmi Noviartuti di Kulon Progo, Rabu, mengatakan selama liburan cuti Lebaran 2023 dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati wisata yang ada di wilayah kabupaten Kulon Progo.

"Beberapa tempat wisata ramai dikunjungi wisatawan lokal Kulon Progo dan pemudik dari luar kota. Jumlah pengunjung ke objek wisata pantai dan Perbukitan Menoreh cukup tinggi, sehingga Polres Kulon Progo meningkatkan pengamanan," kata Noviartuti dalam rilisnya.

Ia mengatakan berdasarkan data Dinas Pariwisata Kulon Progo, jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini pada Selasa (26/4) mencapai 21.094 orang.

Untuk mencegah gangguan keamanan dan menjaga keamanan masyarakat, Polres Kulon Progo melakukan pengamanan objek wisata dan jalur selama momen libur Lebaran 2023.

Kegiatan yang dilakukan oleh personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, pemerintah daerah dan juga mitra kamtibmas. Polres Kulon Progo sedikitnya mengamankan 17 objek wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Personel Polres Kulon Progo telah dikerahkan di seluruh objek wisata, baik objek wisata di wilayah perairan maupun di perbukitan menoreh, untuk di perbukitan, anggota kepolisian selain di lokasi wisata ada juga yang disiagakan di jalur yang dikira rawan. Hal ini dikarenakan berdasarkan pengalaman yang telah lalu, ada beberapa pengemudi di lokasi perbukitan yang mengalami kendala, misalnya kendaraan yang tidak kuat menanjak.

Selain itu, dikarenakan pengemudi belum menguasai medan karena baru pertama kali melewati jalur yang ada.

"Pengamanan jalur dan tempat wisata dilakukan secara maksimal untuk menekan kerawanan kamtibmas seperti aksi kejahatan, kemacetan, maupun potensi kecelakaan bagi pengunjung. Ratusan personel ditempatkan di objek wisata hingga melakukan pengamanan secara mobile ke titik-titik rawan," katanya.

Lebih lanjut, Noviartuti mengatakan tempat wisata di wilayah Kabupaten Kulon Progo yang terbanyak dikunjungi selama liburan Lebaran 2024 ini adalah Pantai Glagah, Pantai Mlarangan, Pantai Congot, dan Waduk Sermo.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada para pengunjung/wisatawan selalu menjaga ketertiban fasilitas umum, serta berhati hati dalam berwisata, cegah bertemunya niat dan kesempatan pelaku kejahatan melakukan aksinya dan untuk masyarakat apabila butuh bantuan darurat silahkan hubungi 110 bebas pulsa," katanya.

Baca juga: Tim Respons Cepat Jabar pantau tempat wisata pantai saat libur Lebaran
Baca juga: KAI Commuter merekayasa perjalanan KRL untuk mengantisipasi kepadatan
Baca juga: DPRD Kotim dorong pengembangan objek wisata andalan baru

Pewarta: Sutarmi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023