Jakarta (ANTARA) - Koordinator Satuan Pelaksana Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang, Hendra Kurniawan memprediksi puncak arus milir di Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur terjadi pada Sabtu dan Minggu (29-30 April) atau pada H+6 dan H+7 Lebaran 2023.
 
"Kami prediksi puncak arus balik kedua di akhir pekan, Sabtu mau pun Minggu," ujar Hendra saat ditemui di kawasan Terminal Terpadu Pulo Gebang, Kamis.
 
Hendra memproyeksikan pada periode puncak arus milir tersebut, sebanyak lebih dari 3.000 penumpang serta 200-an armada bus akan tiba di terminal bus terbesar se-Asia Tenggara ini.
 
Sementara pada hari ini, dijadwalkan sebanyak 47 armada bus akan diberangkatkan dengan 393 penumpang. Jumlah keberangkatan hari ini menurun apabila dibandingkan dengan kemarin (26/4) yang mencapai mencapai 193 armada bus serta 1.260 penumpang.

Baca juga: Rekayasa satu arah Kalikangkung-Cikampek diperpanjang hingga Kamis malam
 
Sementara untuk kedatangan, hari ini terminal yang diresmikan pada 2016 ini akan melayani kedatangan 212 armada bus dengan 1.726 penumpang. Jumlah ini turut menurun bila dibandingkan dengan kedatangan kemarin (26/4) yang mencapai 314 armada bus dan 2.721 penumpang.
 
Hingga siang ini, Hendra menyebut penumpang bus dengan tujuan Sumatra mendominasi keberangkatan di terminal ini.
 
Terminal Terpadu Pulo Gebang turut menyiagakan personil internal yang terbagi dalam 3 waktu kerja (sif) dengan jumlah total 50 orang yang terbagi dalam sejumlah petugas, di antaranya petugas operasional seperti admin announcer (penyiar informasi), petugas kebersihan, dan petugas keamanan yang siap melayani kebutuhan penumpang.
 
Sementara dari eksternal, turut menggandeng TNI dan POLRI dalam memberikan layanan tambahan kepada penumpang.

Baca juga: Jasamarga catat kenaikan arus masuk dan keluar di empat gerbang tol

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023