Jakarta (ANTARA) -
Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni mengatakan puncak arus balik pemudik menuju Jakarta diprediksi berlangsung pada akhir pekan minggu ini, yaitu Jumat sampai Minggu.

"Untuk arus balik, kami prediksi itu puncaknya itu nanti kemungkinan besar ada di akhir pekan besok dari Jumat, Sabtu maupun Minggu. Biasanya pemudik mau ada waktu dulu untuk istirahat sebelum mereka beraktivitas lanjut pada saat minggu depan ketika sudah beraktivitas normal," ucap Yulza saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis.

Dia juga mengimbau kepada para pemudik yang sampai di Terminal Kampung Rambutan pada dini hari untuk menunggu keluarga yang menjemput di ruang tunggu terminal dan tidak memaksakan melanjutkan perjalanan jika merasa lelah.

Yulza juga memastikan penumpang akan tetap merasa aman dan nyaman ketika menunggu di Terminal Kampung Rambutan karena pengamanan yang ketat dan rutin dari kepolisian dan TNI hingga 1 Mei mendatang.

"Dari segi keamanan dari para pemudik yang datang kita patroli dengan kepolisian dan TNI, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang sendiri. Kita melakukan patroli pada saat kedatangan secara acak waktunya. Untuk pos pengamanannya sendiri memang nanti sampai tanggal 1 Mei," ucap Yulza.

Baca juga: Terminal Kampung Rambutan antisipasi kedatangan pemilir dini hari

Bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan, pengelola Terminal Kampung Rambutan telah berkoordinasi dengan Transjakarta dan angkutan reguler lain yang beroperasi selama 24 jam untuk rute tertentu.

Data yang dihimpun pengelola Terminal Kampung Rambutan hingga H+3 arus balik Lebaran, Rabu (26/4) menunjukkan ada 21.033 penumpang dengan 1.177 kedatangan bus, yang masih didominasi dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Memang trennya dari H+1 itu memang meningkat. Untuk kedatangan di Terminal bus Kampung Rambutan didominasi Jawa Barat Jawa Tengah. Untuk saat ini masih itu yang mendominasi," kata Yulza menutup perbincangan.
 
Baca juga: Angkutan dalam kota tersedia 24 jam di Terminal Kampung Rambutan

Baca juga: Puncak arus milir di terminal Pulo Gebang diprediksi 29-30 April 2023

Baca juga: Rekayasa satu arah Kalikangkung-Cikampek diperpanjang hingga Kamis malam

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023