Eskalasi pemilir yang tiba di Terminal Kampung Rambutan akan bertambah secara signifikan mulai dari Jumat sore ini hingga Minggu (30/4).
Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni mengatakan mereka bersiap untuk menyambut sekitar 9.000 pemilik pada H+5 Lebaran.

"Data yang kita himpun terakhir untuk kemarin 8.472 orang tiba di Kampung Rambutan. Untuk hari ini bisa tembus sekitar 9.000 penumpang," kata Yulza saat ditemui wartawan di Terminal Kampung Rambutan, Jumat.

Pemilir yang tiba di Terminal Kampung Rambutan paling banyak berasal dari provinsi Jawa Barat dengan kota asal di antara Ciamis, Tasikmalaya, Sumedang dan Bandung. Para pemilir dari Jawa Barat itu paling banyak tiba dini hari di Terminal Kampung Rambutan.

Sedangkan untuk pemilir dari Pulau Sumatera dengan daerah asal seperti Palembang (Sumatera Selatan) dan Bandar Lampung (Lampung), diprediksi mulai memadati Terminal Kampung Rambutan saat malam hari.

Baca juga: Puncak arus balik Terminal Kampung Rambutan diprediksi akhir pekan ini

Menurut Yulza eskalasi pemilir yang tiba di Terminal Kampung Rambutan akan bertambah secara signifikan mulai dari Jumat sore ini hingga Minggu (30/4).

Di samping ribuan pemilir yang tiba di Terminal Kampung Rambutan, Yulza mengatakan ada juga masyarakat yang melakukan milir ke luar Jakarta dari Terminal Kampung Rambutan.

Destinasi yang paling banyak dituju masyarakat untuk milir dari Terminal Kampung Rambutan ialah Palembang dan Bandar Lampung.

"Untuk keberangkatan (dari Terminal Kampung Rambutan) tetap ada. Namun, memang jadwalnya tidak sebanyak saat mudik," ujar Yulza.

Tercatat data pada H+4 Lebaran, Kamis (27/4), ada sebanyak 58 bus dengan 287 penumpang yang melakukan milir dari Jakarta ke destinasi lainnya.

Pembelian tiket bus dapat dilakukan langsung oleh masyarakat di Terminal Kampung Rambutan, namun, pembelian lewat pemesanan telepon juga dapat dilakukan untuk menghemat waktu persiapan sebelum milir.

Secara keseluruhan puncak arus milir yang diperkirakan berlangsung pada Sabtu-Minggu (29-30 April), Yulza memprediksi akan ada sebanyak maksimal 10.000 penumpang yang tiba di Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan.

"Untuk tahun lalu arus balik itu puncaknya jumlah 9.037 penumpang. Tahun ini tentu akan meningkat, tapi, tidak jauh. Paling mentok 10.000 lah,"kata Yulza.

Baca juga: Pemilir di terminal terpadu Pulo Gebang diimbau tetap gunakan masker

Baca juga: Terminal Lebak Bulus prediksi lonjakan jumlah penumpang pada 30 April

Baca juga: 722 pemilir tiba di Terminal Kalideres

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023