Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Rochmadani mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan TransJakarta untuk memberikan layanan transportasi umum yang bisa digunakan oleh para pemilir yang tiba dini hari di terminal tersebut.

Hal itu dilakukan agar mempermudah para pemilir melakukan mobilisasi lebih baik meski tiba di waktu saat kendaraan umum lainnya tidak beroperasi.

"Kita sudah menyiapkan dan berkomunikasi dengan pihak TransJakarta untuk menyiapkan kendaraan lanjutan di beberapa koridor yang mereka layani selama 24 jam," kata Yulza saat dijumpai wartawan, Sabtu.

Baca juga: MTI usulkan elektrifikasi menyeluruh transportasi perkotaan Jakarta

Menurutnya TransJakarta juga menyediakan layanan untuk para pemilir yang tiba di waktu malam hingga dini hari di terminal lainnya.

Salah satunya seperti di Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang yang juga mendapatkan dukungan layanan dari TransJakarta di masa arus milir yang berlangsung hingga 30 April 2023.

Untuk arus milir, Yulza mengatakan Terminal Kampung Rambutan dipenuhi pemilir di dua waktu yaitu saat malam hari sekitar pukul 22.00-23.00 WIB serta di dini hari hingga pagi.

Kedatangan untuk malam hari biasanya berasal dari tujuan lintas pulau seperti Lampung, Bandar Lampung dan juga Palembang, Sumatera Selatan.

Selanjutnya untuk kedatangan di dini hari hingga pagi biasanya didominasi oleh pemilir yang berasal dari daerah Timur Pulau Jawa, seperti dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan beberapa daerah di Jawa Barat seperti Sukabumi, Sumedang, hingga Tasikmalaya.

Berkaca dari pola arus milir tersebut maka dari itu dukungan tambahan transportasi umum untuk melanjutkan perjalanan disiapkan oleh pengelola Terminal Kampung Rambutan.

Adapun puncak arus milir di Terminal Kampung Rambutan diperkirakan akan berlangsung pada Sabtu (29/4) ini atau Minggu (30/4).

Yulza juga mengatakan diprediksi akan ada 10.000 pemilir yang tiba di Terminal Kampung Rambutan di momen puncak arus milirnya.

Di samping menerima para pemilir masuk ke Jakarta, Terminal Kampung Rambutan juga tetap menghadirkan layanan keberangkatan untuk para pemilir yang akan pergi ke luar daerah.

Adapun beberapa daerah favorit yang dituju para pemilir dari Jakarta ialah Palembang yang ada di Sumatera Selatan dan Lampung di Bandar Lampung.

Baca juga: TransJakarta tambah rute Terminal Pulogebang antisipasi arus balik

Baca juga: Monas dapat bantuan bus listrik pada hari kedua Lebaran

Baca juga: Transjakarta operasikan empat rute tujuan wisata selama libur Lebaran

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023