Cianjur (ANTARA) - Polisi memberlakukan sistem satu arah dari Cianjur menuju Bogor sebagai upaya antisipasi terjadinya lonjakan arus kendaraan pemudik dengan tujuan balik yang menyebabkan macet total karena diprediksi puncak arus balik kedua terjadi hingga Minggu.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Anaga Budiharso di Cianjur Sabtu, mengatakan menjelang siang pihaknya memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor guna mengurai antrean kendaraan yang mulai terlihat di sejumlah titik rawan macet pada H+6 lebaran mulai dari Jalan Raya Cipanas.

"Memasuki H+6 lebaran kendaraan pemudik dengan tujuan balik berbaur dengan kendaraan wisatawan yang meningkat tajam melintas di jalur mudik Cianjur, menuju arah Bogor dan seterusnya sehingga antrean terlihat sejak Sabtu siang," katanya.

Pihaknya juga menyiagakan seratusan personil dari masing-masing pos pam untuk mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi antrean dan mengarahkan pengendara dengan tujuan Jabodetabek dari arah Cianjur untuk menghindari jalur Puncak pada H+7 lebaran.

Pasalnya ungkap Anaga, pihaknya memprediksi puncak arus balik kedua akan terjadi pada hari ini dan Minggu, sehingga untuk mengantisipasi macet total seperti yang terjadi pada H+2 lebaran, pihaknya akan melakukan rekayasa arus termasuk menutup jalur dari Cianjur ke Puncak.

"Tentunya situasional ketika antrean terus memanjang dengan laju kendaraan terhenti, kami akan menerapkan rekayasa arus dengan cara menutup jalur menuju Puncak dari Cianjur tepatnya mulai dari Bundaran Lampu Gentur-By Pass," katanya.

Bagi pemudik dengan tujuan balik dari arah Bandung, akan diarahkan untuk mengambil jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi agar volume kendaraan tidak terus bertambah dan macet total dapat terjadi di kawasan Puncak.

"Kami meminta pengguna jalan khususnya pemudik dengan tujuan balik ke Jabodetabek untuk menghindari jalur Puncak pada Minggu (30/4/2023) karena diperkirakan akan terjadi puncaknya arus balik kedua diperparah dengan kendaraan wisatawan," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur berlakukan satu arah menuju Bogor antisipasi macet
Baca juga: Tenggelam di sungai Sukabumi, SAR evakuasi jasad gadis asal Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023