mereka telah menunjukkan kreativitas, inovasi, dan ketangguhan
Yogyakarta (ANTARA) - Pewarta foto LKBN ANTARA Aditya Pradana Putra meraih juara pertama Lomba Foto Bulan Merdeka Belajar dalam rangka Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 untuk kategori wartawan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penghargaan untuk pewarta foto LKBN ANTARA itu diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti di Gedung Trimurti, Kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta, Senin.

Aditya yang akrab disapa Dito itu mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbudristek yang telah menyelenggarakan Lomba Foto Bulan Merdeka Belajar bagi jurnalis.

Menurut dia, ajang tersebut telah memberikan ruang untuk berkarya dan memberikan motivasi untuk terus mengembangkan diri.

Sementara itu, Aditya Pradana Putra berhasil menjadi pemenang pertama melalui karya foto jurnalistiknya yang berjudul "Upacara Bendera Kelas Jurnalis cilik di Pesisir Jakarta.

Baca juga: ANTARA raih penghargaan media terbaik dari SKK Migas
Baca juga: ANTARA raih penghargaan Media Massa Online Terbaik 2021 dari BRIN


Dalam acara tersebut, Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN ANTARA) melalui portal berita www.antaranews.com juga meraih penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Kategori Media dan Subkategori Media Daring Terpuji. Penghargaan untuk LKBN ANTARA diserahkan oleh Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti menambahkan pihaknya memberikan Anugerah Merdeka Belajar tahun 2023 kepada media, sosok inspiratif, dan mitra atas pencapaian dan dukungan terhadap kebijakan pendidikan dan kebudayaan.

Dia menyampaikan terdapat 33 penerima Anugerah Mitra yang terdiri dari subkategori kementerian, lembaga pemerintah, dunia usaha dan dunia industri, organisasi kemasyarakatan/organisasi non-pemerintah (dalam negeri), dan organisasi internasional.

Selanjutnya, terdapat 19 penerima Anugerah Sosok Inspiratif, serta 10 penerima Anugerah Media Daring dan Cetak.

Suharti juga mengungkapkan kekagumannya terhadap para penerima penghargaan khususnya kategori mitra dan sosok inspiratif.

"Mereka telah menunjukkan kreativitas, inovasi, dan ketangguhan dalam mengejar cita-citanya. Mereka juga telah berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dan dunia," katanya.

Baca juga: Peduli pendidikan, LKBN ANTARA raih penghargaan dari Pemprov Papua
Baca juga: ANTARA raih penghargaan media pendukung kebangkitan zakat
Baca juga: ANTARA raih penghargaan dalam penguatan Islam wasathiyah

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023