Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyambut baik rencana pembukaan kantor konsul kehormatan Spanyol di Surabaya sehingga dapat mempercepat kerja sama antarnegara.

"Banyak potensi untuk dikerjasamakan di antaranya pembiayaan infrastruktur melalui skema kerja sama antar pemerintah dan badan usaha atau KPBU terkait pendanaan dan studi kelayakannya," kata Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dalam keterangannya di Surabaya, Selasa.

Pernyataan tersebut disampaikan Wagub Jatim ketika menyampaikan adanya peluang kerja sama saat menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Spanyol Fransisco Aguilera Aranda di Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya, Senin (29/5).

Doktor Ekonomi Pembangunan lulusan Universitas Ritsumeikan Jepang itu juga menyebut peluang pertukaran dosen.

"Mengingat bahasa Spanyol banyak digunakan di berbagai negara, maka peluang untuk pertukaran dosen sangat memungkinkan. Jika terjadi pertukaran dosen otomatis akan ada pertukaran budayanya juga," ujarnya.

Lebih lanjut, Emil menandaskan rencana kerja sama tersebut perlu pemetaan teknis lebih lanjut dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait Pemprov Jatim.

Tercatat Indonesia dengan Spanyol telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1958, di antaranya menjalin kerja sama di bidang pertahanan yang dipertegas dengan nota kesepahaman antara Kementerian Pertahanan RI dengan Kementerian Pertahanan Kerajaan Spanyol di Jakarta yang diteken pada 13 Februari 2013 dan disahkan pada 2018.

Masih di bidang pertahanan, kedua negara telah menjalin kerja sama pendidikan sejak 2012 hingga 2021. Dalam kerja sama ini, sebanyak 19 personel militer Indonesia belajar di Spanyol.

Indonesia dan Spanyol juga telah bekerja sama di bidang industri pertahanan yang melingkupi alat utama sistem persenjataan (alutsista) matra udara dan laut.

"Kami percaya pemilihan pembukaan kantor konsul kehormatan Spanyol di Kota Surabaya melalui proses yang matang untuk membantu mempercepat kerja sama antar negara," kata Wagub Emil.

Baca juga: Perwakilan Taiwan TETO Surabaya jajaki kerja sama dengan Pemkot Madiun

Baca juga: Pengusaha Australia jajaki kerja sama perdagangan dengan Kadin Jatim

Baca juga: Gubernur Jatim nyatakan banyak potensi kerja sama dengan China

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nashrullah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023