Harga timun suri naik dua kali lipat

Rabu, 10 Juli 2013 19:30 WIB
Harga timun suri naik dua kali lipat
Pedagang menyusun buah Timun Suri yang berasal dari Jonggol, Bekasi. dan Karawang di pasar Induk, Kramat Jati, Jakarta. (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)
Bekasi (Antara) - Harga penganan timun suri di Kota Bekasi, Jawa Barat, melonjak hingga dua kali lipat dari harga normal selama Ramadan akibat minimnya pasokan dari daerah penghasil.

"Baru Ramadan kali ini saya jual timun suri Rp8.000 per kilogram, padahal sebelumnya paling mahal hanya Rp4.000 per kilogram," ujar Marullah (45), pedagang yang menjajakan timun suri di Jalan Kartini, Bekasi Timur, Rabu.

Menurutnya, Ramadan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebab timun suri yang identik menjadi buah khas Ramadan menjadi sulit untuk ditemukan.

Dirinya menduga, langkanya buah tersebut diakibatkan sejumlah daerah pemasok mengalami gagal panen.

"Biasanya saya ambil barang dari petani di Kampung Gabus, Kabupaten Bekasi. Namun mereka banyak yang gagal panen," katanya.

Kegagalan panen tersebut, kata dia, diakibatkan tingginya curah hujan yang yang terjadi sejak Januari lalu di sekitar Bekasi. "Padahal untuk menumbuhkan timun suri yang bagus, cuaca panas merupakan faktor utama penentunya," kata dia.

Akibat tak mendapat pasokan dari Kampung Gabus, pria warga asli Kota Bekasi itu sampai harus mencari timun suri hingga ke Karawang.

"Di Karawang saya dapat tiga ton timun suri untuk dijual bersama anggota keluarga lainnya di sejumlah lokasi di Bekasi," katanya.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Berita Lainnya
Komentar
Terpopuler
  1. Mudik Merak H-7 22.286 views
  2. Ceramah Ramadan Arcandra Tahar 18.945 views
  3. Mudik Motor Pelabuhan Merak 7.020 views
  4. Ngabuburit Mercon Zlung 6.837 views
  5. Ceramah Menjaga NKRI 6.709 views
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
PT Jasa Marga Tbk mencatat ada sebanyak 109.165 kendaraan dari kawasan Jakarta melintasi pintu masuk gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, menuju arah Timur pada enam hari ...
Kelapa muda bakar menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa pada Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Syahbanda (42), salah seorang pedagang ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...