Jembatan Kelok-9 ditargetkan siap untuk arus mudik

Kamis, 11 Juli 2013 21:31 WIB
Jembatan Kelok-9 ditargetkan siap untuk arus mudik
Jembatan Kelok-9 (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Padang (ANTARA News) - Kepala Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang, dan Permukiman Sumatera Barat, Suprapto, di Padang, Rabu, mengatakan Jembatan Kelok-9 ditargetkan siap digunakan pada musim arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Menurut Suprapto, kendaraan bisa melintasi Jembatan Kelok-9 mulai H-10 hingga H+10 Lebaran, mengingat masih ada tahapan pengerjaan jembatan yang sekitar dua sampai tiga persen hingga tuntas sepenuhnya.

Proyek Jembatan Kelok-9 dimulai pada tahun 2003 dan rencananya akan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Agustus mendatang.

Jembatan yang menghabiskan dana Rp584 miliar ini terdiri atas enam jembatan dari berbagai tipe super structure total sepanjang 964 meter, dalam konfigurasi dua lingkaran di antara dua sisi tebing plateu Harau.

Kawasan ini juga akan dikembangkan sebagai daerah unggulan tujuan wisata dengan Jembatan Kelok-9 sebagai ikonnya.

Jembatan Kelok-9 merupakan jembatan yang terletak di ruas jalan nasional rute Sumatera Barat--Pekanbaru yang menjadi penghubung lintas timur Sumatera--lintas barat Sumatera yang berada di kawasan Hinterland Koridor Sumatera.

Sementara itu Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak mengatakan, bahwa penantian panjang pembangunan infrastruktur strategis ini memang betul-betul telah membuahkan hasil yang amat melegakan dan membanggakan.

Selanjutnya, pemerintah berencana membangun jalan tol Trans Sumatera yang antara lain meliputi ruas Padang--Dumai.

Dengan jalan tol, diharapkan pembangunan ekonomi dan sosial di kawasan setempat akan melaju pesat karena didukung oleh kecepatan mobilitas logistik barang.

(KR-SA)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Berita Lainnya
Komentar
Terpopuler
  1. Mudik Merak H-7 22.124 views
  2. Ceramah Ramadan Arcandra Tahar 18.785 views
  3. Mudik Motor Pelabuhan Merak 6.839 views
  4. Ngabuburit Mercon Zlung 6.668 views
  5. Ceramah Menjaga NKRI 6.565 views
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Kelapa muda bakar menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa pada Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Syahbanda (42), salah seorang pedagang ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...