Manfaat sup untuk berbuka puasa

Sabtu, 13 Juli 2013 14:41 WIB
Manfaat sup untuk berbuka puasa
ilustrasi pembuatan hidangan (ANTARA/Jessica Helena Wuysang)
Jakarta (ANTARA News) - Berpuasa di bulan Ramadhan dapat berarti mengubah kebiasaan makan dan menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Pakar nutrisi Jihan Abdulatif berbagi tips untuk menjaga nutrisi seimbang selama berpuasa. Ia mengatakan makanan untuk berbuka harus bergizi, mengandung sayuran dan buah untuk menjaga tubuh selama berpuasa.

Menurutnya sup merupakan dan jus segar adalah menu ideal untuk berbuka puasa.

"Sup hangat dan mengenyangkan. Sup banyak mengandung bahan-bahan alami, vitamin, dan gizi penting lainnya ketimbang menggoreng sayuran atau daging," kata Abdulatif, seperti yang dikutip dari Arab News.

"Sup juga baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Pastikan sup itu penuh protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin yang ada di sayuran, daging, atau kacang," tambahnya.

Selain sup, seperti sunnah Nabi Muhammad, kurma juga baik dimakan saat berbuka. Kurma merupakan sumber serat, vitamin, dan protein.

"Kurma meningkatkan sistem pencernaan karena mengandung asam amino. Kurma juga sumber energi karena mengandung gula alami," jelasnya.

Ia menyarankan selain dimakan langsung, membuat jus kurma yang dicampur susu dapat membuat tubuh bugar dalam jangka waktu yang cukup lama.

Abdulatif juga menyarankan banyak mengonsumsi air antara waktu berbuka puasa dan sahur untuk mencegah dehidrasi.

"Cairan seperti jus segar dan air membantu menjaga cairan tubuh, menjaga keseimbangan tubuh, dan mengganti nutrisi yang hilang selama berpuasa," katanya.

Menurutnya, air memegang peranan penting dalam penurunan berat badan karena membantu proses detoksifikasi.

Ia menyarankan minum lebih dari delapan gelas sehari bila tubuh banyak berkeringat. Makanan yang mengandung garam dan pedas sebaiknya dihindari karena membuat cepat haus.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Editor: Aditia Maruli Radja

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Berita Lainnya
Komentar
Terpopuler
  1. Mudik Merak H-7 22.352 views
  2. Ceramah Ramadan Arcandra Tahar 19.014 views
  3. Mudik Motor Pelabuhan Merak 7.113 views
  4. Ngabuburit Mercon Zlung 6.919 views
  5. Ceramah Menjaga NKRI 6.772 views
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
PT Jasa Marga Tbk mencatat ada sebanyak 109.165 kendaraan dari kawasan Jakarta melintasi pintu masuk gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, menuju arah Timur pada enam hari ...
Kelapa muda bakar menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa pada Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Syahbanda (42), salah seorang pedagang ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...