Jakarta (ANTARA) - Ustadz H. M. Yusuf Syah, Lc. SE. MA mengajak umat Islam mengikuti teladan dari Rasulullah SAW dalam berbuka puasa selama menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

"Rasulullah setiap berpuasa menganjurkan bila tidak bisa menemukan buah kurma, maka berbukalah dengan air putih dan sunnah-sunnah juga mengajarkan seperti ini," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers Danone Indonesia pada Minggu.

Dalam kajian yang dilaksanakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta pada Kamis (21/3), Ustadz Yusuf menyampaikan pentingnya menjalankan pola hidup sehat dan mencukupkan konsumsi air putih selama berpuasa.

Selain itu, Nabi Muhammad SAW menganjurkan orang yang berpuasa untuk menyegerakan berbuka puasa. Nabi SAW biasa berbuka puasa sebelum menunaikan shalat magrib.

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca bismillah serta berdoa sebelum dan sesudah makan pada waktu berbuka puasa.

Rasulullah SAW pun bersabda, "Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga."

Baca juga: Makanan bernutrisi untuk sahur dan berbuka puasa

Sementara itu, Hydration Science Consultant AQUA dr. Tria Rosemiarti menyarankan pola konsumsi cairan 2-4-2 selama menunaikan ibadah puasa, yakni minum dua gelas air ketika sahur, empat gelas air pada malam hari, dan dua gelas air sebelum tidur.

Selain itu, menurut dia, penting pula memastikan pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh selama berpuasa dengan mengikuti pedoman Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan.

Menurut pedoman itu, setiap kali makan setengah piring diisi dengan sayur dan buah dan setengah lainnya diisi dengan makanan pokok dan lauk pauk.

Pedoman dari Kementerian Kesehatan juga mencakup rekomendasi untuk mengonsumsi delapan gelas air setiap hari, melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, serta mencuci tangan menggunakan air dan sabun sebelum dan setelah makan.

Tria menyampaikan bahwa suplemen vitamin dapat pula dikonsumsi pada saat badan kurang fit.

"Ada kondisi-kondisi kita membutuhkan tambahan vitamin seperti badan sedang kurang fit karena batuk dan flu, atau cuaca panas seperti saat ini," katanya.

Baca juga: Orang sakit maag baiknya hati-hati makan gorengan saat berbuka
Baca juga: Lebih baik pilih buah saat berbuka puasa


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024