Dari daya tampung 132 ribu ini yang lulus total 126.421 artinya ada kuota yang tidak terpenuhi
Jakarta (ANTARA) -
Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Tanah Air di sepanjang Selasa (26/3). Di antaranya, simak tata cara cek hasil SNBP 2024 hingga Menaker pastikan "ojol" tidak masuk ruang lingkup aturan THR.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
Diumumkan hari ini, simak tata cara cek hasil SNBP 2024
 
Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) akan mengumumkan hasil Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) pada hari ini yaitu Selasa (26/3) pada pukul 15.00 WIB.
 
Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Panitia SNPMB 2024 Prof Ganefri menyebutkan terdapat sebanyak 126.421 peserta lulus untuk menuju perguruan tinggi negeri (PTN) akademik dan 29.608 peserta lulus menuju PTN vokasi.
 
“Insya Allah nanti jam 15.00 ini akan diumumkan SNBP melalui laman utama,” katanya dalam Konferensi Pers Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SNBP 2024 di Jakarta, Selasa.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Ini tanggapan MUI atas film horor yang memakai istilah-simbol agama
 
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa Prof Asrorun Niam Sholeh menegaskan penggunaan istilah dan simbol keagamaan harus digunakan pada tempat yang pas.
 
Pernyataan tersebut kemukakan merespons adanya pembahasan tentang sejumlah film horor yang menggunakan istilah dan/atau unsur Agama Islam dalam judulnya.
 
"Prinsipnya, kita harus menggunakan istilah dan/atau simbol agama pada tempatnya yang pas," tegas Niam dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Selasa.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Tangerang Selatan sediakan 1.000 kuota mudik gratis Lebaran 2024
 
Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan, Provinsi Banten, menambah kuota program mudik gratis Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah menjadi 1.000 kursi, yang sebelumnya hanya disediakan 700 kursi untuk masyarakat yang hendak pulang kampung.
 
"Dari awal kuota 700, sekarang ditambah 300 kuota sehingga total 1.000 kursi," kata Kepala Seksi Angkutan Orang dan Barang Dinas Perhubungan (Dishub) Tangerang Selatan Galang Andika di Tangerang, Selasa.
 
Ia menjelaskan, sebanyak delapan kabupaten/kota di empat daerah provinsi akan menjadi rute dalam pelaksanaan mudik gratis lebaran tersebut.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Kemendikbudristek sebut 126.421 orang lulus SNBP PTN akademik
 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan sebanyak 126.421 peserta lulus Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) untuk perguruan tinggi negeri (PTN) akademik dari total pendaftar mencapai 659.217 orang.
 
Ketua Umum Tim Penanggung Jawab
Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 Prof Ganefri menyatakan, untuk daya tampung SNBP tahun ini sendiri sebanyak 132.450 sehingga dengan adanya 126.421 peserta yang lulus artinya terdapat kuota yang tidak terpenuhi.
 
“Dari daya tampung 132 ribu ini yang lulus total 126.421 artinya ada kuota yang tidak terpenuhi,” katanya dalam Konferensi Pers Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SNBP 2024 di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini
 
Menaker pastikan "ojol" tidak masuk ruang lingkup aturan THR
 
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan pekerja transportasi daring atau ojek online (ojol) tidak masuk dalam aturan yang berlaku terkait pemberian tunjangan hari raya (THR) bagi pekerja karena memiliki hubungan kerja kemitraan.
 
Dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, Menaker menjelaskan aturan terkait pemberian THR berada di Peraturan Menaker Nomor: 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.
 
"Di Permenaker ini disebutkan mempunyai hubungan kerja berdasarkan PKWT maupun PKWTT. Nanti ada hubungan dengan pembayaran atau pemberian THR bagi pekerja ojol, menurut Permenaker ini memang tidak masuk dalam ruang lingkup yang diatur dalam Permenaker Nomor: 6 Tahun 2016 ini," kata Menaker Ida.
 
Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024