Jakarta (ANTARA) - Telkomsel, operator seluler bagian dari Badan Usaha Milik Negara Grup Telkom, melakukan sejumlah persiapan jaringan demi kelancaran komunikasi masyarakat saat musim mudik Lebaran.

"Telkomsel sudah melakukan optimalisasi supaya pemudik aman (dalam berkomunikasi)," kata Wakil Direktur Operasi Jaringan Global Telkomsel Galumbang Pasaribu saat konferensi pers daring yang diikuti dari Jakarta, Rabu.

Optimalisasi jaringan sudah dilakukan pada lebih dari 244.000 menara base transceiver station (BTS) milik Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Telkom kembali gelar Kampung Ramadhan dorong kebangkitan UMKM

Baca juga: Telkomsel sisihkan pembelian Paket Super Seru untuk merenovasi SD


Operator seluler tersebut memberikan perhatian khusus pada 444 titik yang diperkirakan akan menjadi pusat keramaian, seperti jalan raya utama, jalan provinsi, jalan tol, jalur kereta api, terminal, pelabuhan dan bandar udara.

"Jadi, ketika mereka (masyarakat) berada di sana, mereka terlayani dengan baik," kata Galumbang.

Telkomsel juga menyiagakan 36 unit BTS bergerak alias Combat di sejumlah titik yang diperkirakan akan mengalami trafik internet yang cukup tinggi.

Telkomsel memperkirakan pada periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024, lalu lintas data akan naik 15,22 persen dibandingkan hari biasa. Penggunaan internet terbesar pada periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini diperkirakan berasal dari game online (40,84 persen), komunikasi melalui aplikasi pesan instan (25,49 persen) dan streaming video (22,61 persen).

Penggunaan media sosial pada musim Lebaran diprediksi berjumlah 11,14 persen dan belanja di platform daring sebesar 9,17 persen.

Selain internet, Telkomsel memprediksi trafik SMS pada periode Ramadhan dan Idul Fitri 2024 naik 2,47 persen. Sementara panggilan telepon konvensional, turun 8,74 persen dibandingkan hari biasa.

Menurut Galumbang, penurunan panggilan telepon konvensional adalah tren secara global, tidak hanya di Indonesia.

Selain melakukan optimalisasi jaringan untuk mengantisipasi jaringan telekomunikasi selama periode mudik Lebaran, secara umum Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan 4G pada 70 BTS dan membangun 325 BTS 4G.

Baca juga: Telkomsel dan Huawei Resmikan "5G Smart Warehouse" dan "5G Innovation Center" Pertama di Indonesia

Baca juga: Telkomsel dorong partisipasi masyarakat hadapi modus penipuan online

Baca juga: Telkomsel salurkan poin pelanggan jadi sepatu untuk pelajar Papua

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024