UPT (Unit Pelaksana Transmisi) memantau dan mengendalikan sistem transmisi sepanjang waktu untuk memastikan keandalan pasokan listrik.
Larantuka (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) menjamin keandalan listrik selama hari besar keagamaan, baik Paskah maupun Idul Fitri 2024.

"Untuk menjaga keandalan sistem transmisi, UPT (Unit Pelaksana Transmisi) memantau dan mengendalikan sistem transmisi sepanjang waktu untuk memastikan keandalan pasokan listrik," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT I Gede Agung Sindu Putra dalam keterangan resmi yang diterima di Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur, Kamis.

Tim PLN telah mempersiapkan keandalan sistem secara baik dari sisi pembangkit, transmisi, distribusi, serta pelayanan teknik dan personel siaga di lokasi-lokasi strategis.

Unit Pelaksana Transmisi Kupang juga melakukan penjadwalan operasi sistem transmisi untuk memastikan efisiensi dan keandalan sistem, sehingga penyaluran listrik dapat berjalan dengan baik.

Sindu menjelaskan tim teknis sudah melakukan pemeliharaan dan perbaikan secara rutin untuk memastikan kesiapan sistem kelistrikan di seluruh wilayah kerja PLN NTT.

Mereka melakukan pengelolaan aset instalasi penyaluran yakni transmisi dan gardu induk, serta memelihara aset instalasi untuk menjaga kontinuitas penyaluran tenaga listrik tegangan tinggi secara efisien, andal, dan ramah lingkungan.

Manager PLN Unit Pelaksana Transmisi Kupang Muhammad Husen menyampaikan pihaknya telah memetakan potensi gangguan atau hambatan yang dapat terjadi baik dari sisi internal maupun eksternal.

Pada sisi internal, potensi gangguan dapat terjadi karena tidak berfungsinya peralatan tertentu dengan baik pada instalasi gardu induk karena faktor usia material atau faktor lainnya pada peralatan.

"Sehingga untuk menjaga instalasi gardu induk beroperasi tetap andal, PLN rutin melakukan inspeksi dan menindaklanjuti bila ditemukan anomali pada instalasi yang ada," ujarnya pula.

Sedangkan potensi gangguan dari eksternal dapat berupa gangguan dari binatang dan lainnya termasuk faktor alam.

Untuk melindungi instalasi gardu induk dari gangguan binatang, PLN pun telah memasang jaring di sekeliling instalasi gardu induk.

"Jadi untuk mencegah masuknya ular dan binatang lainnya yang mengganggu keandalan pasokan energi listrik, upaya-upaya preventif dilakukan," ujar dia lagi.
Baca juga: PLN NTT siagakan 1.170 personel cegah gangguan kelistrikan saat Pemilu
Baca juga: PLN siagakan alat kelistrikan andal untuk Semana Santa Larantuka

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024