Silakan laporkan kepada kami, dan kami tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku
Jakarta (ANTARA) -
Polres Metro Jakarta Timur akan menyelidiki dugaan kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi dan Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) nakal di wilayah Jakarta Timur.
 
Kapolres Metro Jaktim Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly mengatakan hal itu di Jakarta Jumat, menanggapi adanya SPBU Pertamina di Bekasi yang mencampur Pertalite dengan air.
 
"Sebenarnya sebelum kasus ini terjadi, kami sudah perintahkan Kasat Serse dan jajaran Reskrimsus Polres dan Polsek untuk melakukan penyelidikan terhadap penyalahgunaan BBM Subsidi ataupun pihak SPBU yang melakukan perbuatan curang," katanya.
 
Namun, dari hasil penyelidikan jajarannya di lapangan tidak ditemukan dugaan penyalahgunaan BBM bersubsidi di wilayah Jakarta Timur.
 
"Hasil penyelidikan dari satuan Reserse bahwa sampai saat ini belum ditemukan penyalahgunaan BBM Subsidi ataupun perbuatan curang dari pihak SPBU di wilayah hukum Polres Metro Jaktim," katanya.
 
Karena itu, Nicolas berharap adanya peran serta seluruh masyarakat agar dapat melaporkan kepada kepolisian apabila mendapatkan informasi telah terjadi penyalahgunaan BBM Subsidi, ataupun adanya pihak SPBU yang melakukan perbuatan curang.
 
"Silakan laporkan kepada kami, dan kami tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku," kata Nicolas.
 
Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag menemukan empat SPBU nakal yang melakukan kecurangan di meteran dispenser BBM menjelang musim mudik Lebaran 2024.
 
"Sebetulnya ada empat -SPBU nakal- yang kita temukan. Ada di Karawang, Bekasi, Bandung, dan Serang," kata Mendag saat penyegelan tiga dispenser SPBU di rest area KM 42 Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kabupaten Karawang Jawa Barat, Sabtu (23/3).
 
Penyegelan dilakukan karena sebentar lagi memasuki periode libur Lebaran 2024, yang diprediksi banyak masyarakat yang mudik dan akan banyak yang mengisi BBM di SPBU.
 
Mendag mengimbau pemilik SPBU tidak main-main dengan melakukan perbuatan curang. Sebab menjelang Lebaran ini akan dilakukan pengecekan seluruh SPBU di Indonesia.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024