Dibandingkan tahun 2023 dengan 2024, Alhamdulillah ada penambahan penerimaan zakat fitrah dengan kenaikan 20 persen dari muzzaki
Kota Bandung (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung mengumpulkan zakat fitrah pada Ramadhan 1445 Hijriah mencapai Rp48 miliar untuk dibagikan kepada mustahik di kota itu.

“Zakat fitrah untuk Ramadhan tahun ini Baznas Kota Bandung berhasil mengumpulkan Rp48 miliar yang terdiri dari uang dan senilai harga beras,” kata Akhmad Rozikin di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Akhmad mengatakan pihaknya berhasil memaksimalkan pendapatan zakat fitrah pada Ramadhan tahun ini melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Bandung.

“Untuk penyaluran zakat fitrah sendiri telah disalurkan 100 persen kepada mustahik sebelum Shalat Idul Fitri,” kata dia.

Jika dibandingkan tahun lalu, kata dia, pengumpulan zakat fitrah dari masyarakat ada peningkatan dari Rp40 miliar pada  tahun 2023 menjadi Rp48 miliar pada tahun 2024.

Baca juga: Baznas: Potensi zakat di Kota Bandung bisa mencapai Rp1,6 triliun

“Dibandingkan tahun 2023 dengan 2024, Alhamdulillah ada penambahan penerimaan zakat fitrah dengan kenaikan 20 persen dari muzzaki,” katanya.

Dia menyebutkan zakat fitrah yang telah terkumpul Rp48 miliar tersebut disalurkan kepada 372.818 mustahik yang telah dipastikan tepat sasaran.

Lebih lanjut ia mengatakan zakat yang didapatkan disalurkan kepada yang kurang mampu dan diharapkan dapat mengurangi kesenjangan sosial serta sebagai pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat.

Akhmad berharap para penerima zakat fitrah pada tahun ini bisa mengubah status dari penerima zakat menjadi pemberi zakat secara bertahap. Menurut dia, esensi zakat sebagai alat untuk mengurangi kesenjangan ekonomi dan yang menjadi fokus utama.

“Karena zakat esensinya adalah pengentasan kemiskinan. Jadi harapannya seperti itu, dengan harapan mereka yang tahun ini menerima zakat, tahun depan bisa secara bertahap alih status menjadi yang memberi zakat,” kata dia.

Baca juga: Baznas RI targetkan pengumpulan ZIS selama Ramadhan capai Rp430 miliar
 

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024