Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Bengkel otomotif Indonesia (PBOIN), Hermas E Prabowo mengungkap sejumlah perlengkapan yang perlu siap sedia pada kendaraan saat hendak menerjang arus balik Lebaran 2024.

Saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Minggu, Hermas menyebut persiapan alat-alat pendukung seperti dongkrak, kunci roda, hingga ban serep perlu ada dalam kendaraan, sebab peranannya yang sangat penting pada kondisi lalu lintas padat selama periode arus balik.

“Kunci roda, dongkrak, ban serep, ini perlu untuk antisipasi jika terjadi kebocoran ban dalam perjalanan,” kata dia.

Persiapan alat-alat ini tidak hanya meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara dan keluarga, tetapi juga membantu menghadapi situasi darurat yang tidak diinginkan.

Baca juga: Jangan lupa pasang komponen ini di mobil sebelum mudik

Baca juga: Mudik dalam cuaca tidak menentu, penting ban harus tampil prima


Meski telah diperiksa dengan seksama, sewaktu-waktu mobil sangat mungkin mengalami masalah teknis di jalan, terutama jika perjalanan panjang. Mempersiapkan perangkat pemeliharaan sederhana tersebut, termasuk ban cadangan, tentu dapat mengantisipasi masalah teknis kecil tanpa harus menunggu bantuan.

Selain itu, Hermas menyebut air mineral juga perlu untuk selalu siap sedia di dalam kendaraan, apa lagi jika hendak menempuh perjalanan jauh.

Meski sederhana, air mineral sangat krusial dalam membantu kelancaran berkendara, seperti mengantisipasi kekurangan air wiper hingga membantu mengatasi kekurangan atau bahkan kebocoran air radiator.

“Selalu sediakan air mineral, untuk mengantisipasi kekurangan air wiper di jalan, atau mengatasi kondisi darurat sesaat ketika ada kebocoran air radiator, sehingga bisa untuk mengurangi dan mencegah risiko overheat pada mesin,” Hermas menjelaskan.

Air radiator, yang juga dapat menggunakan air mineral, memiliki fungsi penting dalam sistem pendinginan kendaraan.

Suhu yang terlalu tinggi akibat cuaca ekstrem, kemacetan, hingga kinerja mobil yang terus bertambah selama arus balik dapat menyebabkan komponen mesin menjadi aus lebih cepat atau bahkan mengakibatkan kerusakan serius seperti mesin overheat.

Dengan demikian, air sangat penting dalam menjaga suhu mesin kendaraan agar tetap stabil sehingga beroperasi dengan baik dan mencegah kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi.

Baca juga: Kiat menyiasati harga suku cadang dan jasa bengkel naik saat Lebaran

Baca juga: Tidak hanya saat mudik, cek pelumas juga wajib dilakukan saat balik

Baca juga: Penting rawat AC mobil sebelum melakukan mudik dengan mobil pribadi

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024