Karawang (ANTARA) - Pemudik bersepeda motor yang akan balik ke arah Jakarta dan sekitarnya memadati jalur Pantura hingga jalan arteri Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada arus balik Lebaran, Minggu.

"Kondisi arus lalu lintas di jalur Pantura hari ini cukup padat," kata Kepala Posko Pengamanan Simpang Jomin Karawang, Iptu Suherman, di Karawang, Minggu.

Ia mengatakan, selain pemudik bersepeda motor yang akan balik ke arah Jakarta dan sekitarnya, jalur Pantura hingga jalan arteri Karawang juga dipadati kendaraan roda empat.

Selain karena saat ini sudah masuk di hari puncak arus balik Lebaran, kepadatan arus di jalur Pantura hingga jalan arteri Karawang juga dipicu diberlakukannya "one way" di jalan Tol Trans Jawa pada arus balik Lebaran tahun ini.

Dengan pemberlakuan "one way", kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon dan sekitarnya dialihkan ke jalur Pantura.

Beberapa titik yang menjadi kepadatan parah di antaranya di Simpang Jomin, wilayah Cikampek, dan lain-lain, termasuk di sekitar Tanjungpura yang merupakan titik perbatasan Karawang-Bekasi.

Sementara sejak Minggu sore hingga malam ini, pemudik menggunakan sepeda motor yang akan balik ke Jakarta dan sekitarnya sudah memadati jalur Pantura hingga jalan arteri Karawang.

Layaknya saat berangkat mudik, pemudik bersepeda motor yang akan balik ke Jakarta dan sekitarnya itu membawa cukup banyak barang bawaan.

Barang bawaannya itu ada yang disimpan di tas dan dalam kardus.

Baca juga: Pemilir dengan sepeda motor sebut pelayanan di Pelabuhan Bakauheni cukup baik

Baca juga: 20.000 lebih pemudik sepeda motor lewati Kota Cirebon saat arus balik

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024