Cikampek (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi menyatakan penanganan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah lebih baik dari tahun lalu.

"Secara umum capaian tahun ini baik dibanding 2023 terutama dari sisi angka kecelakaan lalu lintas," kata Muhadjir Effendi saat meninjau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama di Cikampek, Senin.

Menurut dia, dalam rapat koordinasi yang dilakukan bersama pihak terkait arus mudik dan arus balik hingga H+4 diapresiasi cukup baik.

Ia mengatakan, keselamatan pemudik menjadi hal yang terpenting dalam arus mudik dan arus balik tahun ini.

"Idealnya tentu 'zero accident' tapi dibanding tahun lalu, ini lebih baik. Baik dari jumlah yang meninggal serta jumlah santunan menurun signifikan," kata dia.

Baca juga: "Contraflow" kembali diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek
Baca juga: Jasa Marga prediksi dua titik sebabkan kemacetan Tol Jakarta- Cikampek


Dia mengapresiasi kinerja petugas di lapangan yang tiada henti bekerja memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik.

"Terima kasih atas kerja keras dan cerdas para jajaran Polri dan Jasa Marga sebagai pengelola tol, TNI, pemerintah daerah dan lainnya yang ikut dalam tugas besar ini," kata dia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengapresiasi kinerja petugas yang solid dalam menyukseskan kegiatan mudik.

"Kami sudah melakukan peninjauan di Jawa Tengah, Jawa Barat, Bakauheni dan lainnya memang terjadi kenaikan jumlah kendaraan," kata dia.

Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy bersama Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau dan melakukan rapat evaluasi di Kantor Jasa Marga Gerbang Tol Cikampek Utama pada Senin sore.
Baca juga: Begini cara menghadapi keluhan kesehatan usai libur Lebaran

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024