Risma turut membawa dan mempromosikan beberapa produk Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena), mulai dari Nastar Bu Diah, Pecel Semanggi Bu Aminah, hingga wayang buatan Karang Taruna Kabupaten Garut, Jawa Barat
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bersama Duta Besar RI di Paris Mohamad Oemar maupun para diaspora dan warga Indonesia di sana merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di KBRI Paris, Perancis pada Kamis (11/4/2024).
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh Kementerian Sosial di Jakarta pada Senin, Risma turut membawa dan mempromosikan beberapa produk Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena), mulai dari Nastar Bu Diah, Pecel Semanggi Bu Aminah, hingga wayang buatan Karang Taruna Kabupaten Garut, Jawa Barat.
 
Pada kesempatan itu, ia juga berbagi cerita mengenai kiprahnya di Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dan lingkup kerjanya di Indonesia.

Cerita Risma disambut dengan antusias oleh para diaspora Indonesia yang hadir.
 
Tidak ketinggalan, Oemar pun turut bercerita tentang perjalanan kariernya sebagai birokrat dan pengalamannya bergaul dengan Diaspora Warga Bangsa di Prancis.
 
Acara yang dihadiri oleh sekitar 150 orang diaspora dan warga Indonesia itu dimeriahkan dengan berbagai tradisi khas Lebaran, seperti bersilaturahim, bermaaf-maafan, berbagi cerita, dan menyantap hidangan istimewa, seperti serabi, lopis, ketan, dan tape.
 
Sebelum acara ditutup dengan foto bersama, Risma juga sempat menjelaskan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat yang disebut Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) untuk penerima bantuan sosial dan penyandang disabilitas.
 
Ia menjelaskan, program yang dimulai pada akhir 2022 itu telah menggraduasi atau mengeluarkan 21.333 keluarga dari kemiskinan, termasuk lebih dari 3.500 keluarga merupakan penyandang disabilitas.

Risma menjelaskan, mereka kini menjadi mampu secara finansial dan tidak lagi menjadi penerima bantuan sosial.

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024