Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa penting terjadi di Jakarta pada Minggu (13/4), di antaranya jumlah penumpang tiba di Jakarta hingga imbauan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menunda kepulangan ke Jabodetabek saat arus balik.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali:

1. Jumlah penumpang tiba di Jakarta naik 74 persen dari tahun lalu

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengungkapkan bahwa jumlah penumpang yang tiba di Jakarta mengalami kenaikan sebesar 74,92 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023.

"Ada kenaikan jumlah penumpang datang sebesar 74,92 persen dengan total 12.675 penumpang dibandingkan dengan periode yang sama pada dua hari setelah lebaran (H+2) Lebaran tahun 2023," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

2. Terminal Kalideres siagakan angkutan malam hari untuk pemilir

Terminal Bus Kalideres mengatakan Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menjalin kerja sama dengan sejumlah stakeholder untuk menyiagakan angkutan malam hari bagi para pemilir yang tiba di Kalideres pada tengah malam dan dini hari

"Dinas Perhubungan bekerjasama dengan TransJakarta menyiapkan 15 armada amari (angkutan malam hari) yang mana TransJakarta beroperasi hingga pukul 24.00 WIB, ditambah pukul 24.00 WIB sampai 05.00 WIB pagi sebanyak 15 armada," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain di Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, Senin.

Baca selengkapnya di sini

3. Arus balik di Terminal Lebak Bulus masih sepi

Arus balik yang melalui Terminal Lebak Bulus di Jakarta Selatan hingga H+4 Lebaran 2024 masih sepi, bahkan puncak arus balik diprediksi masih akan terjadi beberapa hari ke depan.

"Dari H+1 sampai H+4 penumpang yang turun hanya ada 1.003 orang," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Lebak Bulus Mochamad Iman Sapril di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

Sejumlah calon penumpang menunggu bus angkutan mereka di Terminal Bus Kalideres, Jakarta Bart, Senin (15/4/2023). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat/aa.
4. Jumlah penumpang tiba di Terminal Kampung Rambutan naik 45 persen

Jumlah penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, meningkat 45 persen bila dibandingkan 2023 saat arus balik mudik Lebaran.

"Bila dibandingkan tahun lalu, arus balik Lebaran 1445 Hijriah diperkirakan meningkat 45 persen," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni di Terminal Kampung Rambutan, Senin.

Baca selengkapnya di sini

5. Menko PMK minta ASN undur kepulangan ke Jabodetabek

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini masih di kampung halaman agar menunda kepulangan ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

"ASN yang menunda kepulangan akan meringankan beban kami," kata Muhadjir saat jumpa pers di Cikampek, Senin.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024