Jakarta (ANTARA) -
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Pol. Aan Suhanan menyebutkan ada 30 persen pemudik belum kembali ke Jakarta pada hari pertama masuk kerja usai libur Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024.

Aan mengatakan adanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) membuat 30 persen pemudik yang belum kembali, akan balik pada tanggal 16 dan 17 April.

"Masih ada tersisa yang belum kembali ke Jakarta sekitar 30 persen , artinya angka tersebut kalau kita bagi dua pelaksanaan WFH hari ini dan besok berarti masing-masing tersisa 15 persen," kata Aan di Kantor Jasa Marga di KM 70 Tol Cikampek Utama, Selasa.

Baca juga: "One way" di Tol Trans Jawa dihentikan setelah kepadatan terurai

Melihat situasi arus lalu lintas di ruas jalan tol pada H+7 ini sudah menurun, Korlantas Polri menghentikan rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way) dari KM 414 GT Kalikangkung sampai KM 72 GT Cipali.

Namun, kata Aan, pihaknya masih memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem lawan arah (contraflow) dua lajur mulai dari KM 70 sampai dengan KM 47 Tol Jakarta-Cikampek.

"Jadi untuk pelaksanaan one way dari KM 414 sampai dengan KM 72 tadi jam 08.00, kita sudah tutup untuk arus lalu lintas sudah normalkan dua arah artinya sudah menjadi arus lalu lintas normal," ujarnya.

Sementara itu, untuk arus wisata di sejumlah daerah, kata Aan, sejak hari H lebaran hingga H+3 mengalami peningkatan volume kendaraan.

Baca juga: Korlantas hentikan "one way" arus balik Lebaran 2024 pagi ini

Untuk itu, pihaknya melakukan beberapa rekayasa lalu lintas mengurai kepadatan di jalur-jalur wisata, seperti kawasan Puncak Bogor, dan lainnya.

"Di jalur wisata kami melakukan beberapa kali rekayasa lalu lintas maupun pembatasan dengan ganjil genap," ujarnya.

Kemudian arus balik dari jalur Pantura saat ini masih dalam batas normal, kepadatan kendaraan hanya terjadi di beberapa lampu lalu lintas atau 'lampu merah' yang terdapat di beberapa titik pada jalan tersebut.

"Untuk Pantura dampak dari one way terpantau ramai lancar tidak ada kemacetan tidak sampai stuck pada saat traffic light ada antrean jalur pantura saat arus mudik dan balik secara umum lancar tidak ada kepadatan," kata Aan.

Mantan Dirgakkum Korlantas Polri itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut menyukseskan kegiatan arus mudik balik Lebaran 2024 hingga lancar.

"Kepada seluruh anggota Polri kemudian jasa marga dan seluruh stakeholder yang ada saya mengucapkan terima kasih, segala daya dan upaya teman-teman di lapangan," ujar Aan.

Baca juga: Dishub: 109.544 kendaraan kembali ke Jakarta di H+5 Lebaran
Baca juga: Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni lenggang pada Selasa pagi
​​​​​​​

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024