Jakarta (ANTARA) - Penanganan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, berjalan lancar, termasuk pelayanan maupun keamanan bagi para penumpang bus.  

"Alhamdulillah dari awal arus mudik sampai selesai arus balik semuanya lancar, tidak ada kejadian menonjol. Baik dalam hal pelayanan dan keamanan," kata Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni di Jakarta, Rabu.

Hal itu berkat dukungan dari TNI/Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang melakukan pengamanan. Apalagi di terminal disiapkan posko keamanan terpadu yang dioperasikan pada 3-16 April 2024.

"Selama ada posko keamanan terpadu, personel gabungan rutin berpatroli, untuk memastikan kondisi keamanan di area terminal. Ini memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga yang akan mudik atau kembali ke Jakarta," ujarnya.

Tak hanya itu, pada tahap keberangkatan, seluruh bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang beroperasi membawa pemudik dalam kondisi laik jalan karena sudah lolos "ramp check".

Baca juga: Jumlah penumpang tiba di Terminal Kampung Rambutan naik 45 persen
Baca juga: Sopir Bus antusias cek kesehatan di Terminal Kampung Rambutan
Sejumlah penumpang saat tiba di Terminal Bus Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (15/4/2024). (ANTARA/Syaiful Hakim)
Para awak bus AKAP juga dinyatakan sehat dan bebas dari narkotika setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Untuk membantu pemudik yang membawa barang-barang bawaan berat, pihaknya menyediakan 20 petugas resmi dengan upah sukarela dari penumpang.

Kepala Unit Pengelola Terminal Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syamsul Mirwan menambahkan, penanganan arus mudik hingga arus balik di Terminal Bus Kampung Rambutan maupun terminal lainnya berjalan sangat kondusif.

"Tidak ada kasus tindak kriminal menonjol yang menimpa warga atau para pemudik di area terminal," katanya.

Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada jajaran TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan unsur terkait yang telah kolaborasi dalam melakukan pengamanan.

Dia juga ucapkan terima kasih dan apresiasi pada seluruh pihak terkait yang telah mendukung pengamanan arus mudik dan arus balik di terminal bus. "Sehingga suasananya sangat kondusif dan masyarakat merasakan aman dan nyaman," katanya.
Baca juga: Pos Pengaduan Pungli hadir di Terminal Kampung Rambutan

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024