Jumlah masyarakat yang menggunakan moda transportasi angkutan kereta api pada arus mudik dan arus balik pada periode H-7 hingga H+5 di total sebanyak 238.647 orang atau mengalami kenaikan 18,30 persen
Medan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara mencatat jumlah masyarakat yang menggunakan moda transportasi angkutan kereta api pada arus balik mudik pada periode H+1 hingga H+5 Lebaran mencapai sebanyak 103.220 penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, di Medan, Jumat mengatakan penumpang angkutan umum pada arus balik menunjukkan tren peningkatan yang cukup signifikan di sejumlah moda transportasi, termasuk di angkutan moda kereta api.

"Jumlah masyarakat yang menggunakan moda transportasi angkutan kereta api pada arus mudik dan arus balik pada periode H-7 hingga H+5 di total sebanyak 238.647 orang atau mengalami kenaikan 18,30 persen," ujar Agustinus.

Sementara pada angkutan moda transportasi angkutan laut pada periode yang sama, Dishub Sumut mencatat sebanyak 18.415 penumpang selama arus mudik dan 3.051 penumpang selama arus balik.

"Sedangkan, jumlah penumpang angkutan udara jumlah total arus mudik tercatat 202.529 dengan 1.427 penerbangan," kata dia.

Untuk bus angkutan jalan di terminal, kata dia, hingga H+5 arus balik mudik Lebaran sebanyak 24.146 penumpang dengan 1.572 kendaraan dan 40.649 penumpang pada arus mudik dengan 3.240 kendaraan.

"Jumlah bus antarkota antarprovinsi dan angkutan antarkota dalam provinsi sebanyak 3.807 unit atau mengalami kenaikan 7,24 persen," sebutnya.

Agustinus menegaskan puncak arus balik mudik Lebaran 2024 di provinsi setempat sudah terlewati dengan lancar, aman.

"Puncak arus mudik yang terjadi pada H+2, H+3 Lebaran atau Sabtu-Minggu sudah terlewati. Secara keseluruhan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang menghambat," kata dia.

Menurutnya, kelancaran lalu lintas pada puncak arus balik mudik Lebaran 2024 tersebut atas dukungan seluruh elemen masyarakat yang sudah bekerja sama menciptakan mudik yang ceria dan penuh makna di wilayah ini.

"Dishub Sumut bersama pemangku kebijakan telah melakukan berbagai upaya. Hal itu untuk memberikan pelayanan yang baik pada Lebaran tahun ini," ujar dia.

Baca juga: KAI Sumut berikan diskon pembelian tiket KA Sribilah Utama
Baca juga: KAI Sumut sudah melayani penjualan tiket angkutan Lebaran 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024