Haul Guru Tua bertujuan untuk mengenang perjuangan Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri dalam menyampaikan syiar Islam
Palu (ANTARA) - Ribuan umat Islam dari berbagai daerah di penjuru Tanah Air menghadiri haul ke-56 pendiri Alkhairaat Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri atau "Guru Tua" di Kawasan Wisata Religi Kompleks Alkhairaat Kota Palu Sulawesi Tengah, Minggu.

"Haul Guru Tua bertujuan untuk mengenang perjuangan Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri dalam menyampaikan syiar Islam, juga menjadi ajang silaturahim dan reuni antar-sesama masyarakat dan para Abnaul Khairaat atau alumni Alkhairaat," kata Ketua Panita Haul ke-56 Guru Tua Habib Idrus Bin Abdillah Aljufri di Palu, Sulteng.

Ia memperkirakan perayaan haul ke-56 ini dihadiri oleh sekitar 50 ribu orang umat Islam dari berbagai penjuru daerah di tanah air khususnya Kawasan Indonesia Timur seperti Manado, Ternate, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Menurut dia, perayaan haul ini membuktikan kekuatan hubungan satu sama lain antar-sesama umat Islam dengan saling bersilahturahim dan saling menguatkan satu sama lain.

"Haul menjadi momentum untuk mengenang kembali perjuangan dan keikhlasan Guru Tua dalam membina Madrasah Alkhairaat pada keadaan dan kondisi apapun dengan berdakwah dan menyiarkan syiar Islam," katanya.

Sementara itu, Handayani Rahmat, salah satu jamaah haul asal Kabupaten Banggai mengatakan, haul kali ini sangat ramai dikunjungi dan terlihat meningkat dari tahun sebelumnya.

"Saya sudah tiga kali datang sebelumnya, kali ini ada peningkatan dibanding sebelumnya. Dari mulai Festival Raudhah itu sudah ramai sekali," katanya.

Ia mengaku dirinya dan keluarga merupakan bagian dari Alkhairaat, sehingga sangat menghargai perjuangan dan pengorbanan Guru Tua dalam menyebarkan pendidikan dan syiar Islam.

Adapun para Abnaul Khairaat atau alumni Alkhairaat sejak subuh sudah memadati tenda-tenda yang disediakan oleh penyelenggara di Kompleks Alkhairaat, Jalan Sis Aljufri Palu, untuk menghadiri haul ke-56 Guru Tua. Tenda-tenda yang tersedia tidak mampu menampung karena jamaah yang membludak.

Guru Tua merupakan ulama sekaligus tokoh pendidik yang menyampaikan syiar Islam ke berbagai bagian negeri, termasuk Pulau Jawa, Gorontalo, Sulawesi Utara, Ternate, dan Maluku Utara hingga menetap di Sulawesi Tengah, tempatnya membangun pusat pendidikan Islam yang dinamai Alkhairaat.

Dalam masa perjuangan dakwahnya, Guru Tua telah berhasil membangun 400 madrasah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia bagian timur, Sulawesi, Maluku, Kalimantan, dan Papua. Semuanya adalah saksi nyata akan dakwahnya yang tak mengenal lelah, yang kini telah mencapai lebih dari 1.550 madrasah.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024