dibandingkan dengan periode tahun 2023, pada masa libur Idul Fitri 1445 H, terdapat peningkatan beban hingga 12,59 persen
Denpasar (ANTARA) -
PT PLN (Persero) telah menghadirkan listrik tanpa padam selama periode masa Siaga Lebaran 2024 terhitung sejak 3 hingga 19 April 2024.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana di Denpasar, Senin, mengatakan kehadiran listrik yang andal tersebut ditopang oleh semangat kerja yang solid personel PLN maupun kesiapan peralatan dan armada yang memadai.
 
Pada masa Siaga Lebaran 2024, PLN mempersiapkan petugas sebanyak 657 personel di 69 titik posko siaga dan 3 posko mudik lebaran yang tersebar di seluruh kabupaten/ kota di Bali.
 
Selain itu, sebanyak 41 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 29 Unit Gardu Bergerak (UGB), 26 Unit Kabel Bergerak (UKB), serta 19 Unit Genset dan kendaraan pendukung termasuk kendaraan pelayanan teknik dan kendaraan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), serta material cadangan mendukung keandalan selama masa siaga berlangsung.
 
Di samping itu, ketersediaan pasokan listrik juga terbukti aman, dengan daya mampu di sub sistem Bali pada saat siaga mulai tanggal 3 sampai dengan 19 April 2024 sebesar 1.371 mega Watt (MW).

Baca juga: PLN Bali mencatat 429 transaksi pemanfaat SPKLU selama Lebaran 2024

Baca juga: PLN optimalkan pelayanan SPKLU selama siaga Idul Fitri di Bali
 
Tercatat, beban puncak tertinggi mencapai 1.051,9 MW sehingga masih terdapat cadangan listrik sebesar 319,1 MW.
 
Udayana mengatakan dibandingkan dengan periode tahun 2023, pada masa libur Idul Fitri 1445 H, terdapat peningkatan beban hingga 12,59 persen.
 
Untuk mendukung pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, PLN juga memastikan 76 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 30 lokasi di Bali telah beroperasi dengan baik.
 
Aplikasi PLN Mobile juga turut dipastikan dapat memberikan kemudahan bagi pengendara untuk mengecek lokasi SPKLU.
 
"Pasokan listrik di lokasi prioritas antara lain pelabuhan, bandara, terminal, rumah sakit, serta obyek vital lainnya selalu dipastikan keandalan dan keamanannya," kata Udayana.

Baca juga: PLN pastikan layanan SPKLU di Bali beroperasi normal selama Lebaran 

Baca juga: PLN pastikan kesiapan kelistrikan Jawa-Madura-Bali saat momen Lebaran

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024