Jakarta (ANTARA) - Antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman turut mendorong peningkatan mobilitas masyarakat pada periode tersebut dan Astra Infra sebagai penyedia layanan infrastruktur publik, khususnya jalan tol, senantiasa berkomitmen mendukung pemerintah menyukseskan momen penting tersebut.

Berkat upaya dari berbagai pihak, pemerintah menyatakan arus mudik dan balik lebaran tahun ini dapat berjalan baik.

Group Chief Executive Officer Astra Infra, Firman Yosafat Siregar menyampaikan apresiasinya atas kerja sama seluruh stakeholder terkait pada periode mudik lebaran tahun ini.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Korlantas Polri, serta berbagai pihak lain yang telah menjalin sinergi dan koordinasi dengan baik, sehingga penyelenggaraan layanan arus mudik dan balik tahun ini dapat berjalan dengan baik. Kami akan terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah mewujudkan layanan infrastruktur berkelanjutan yang aman dan nyaman untuk masyarakat,” kata Firman melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa.

Baca juga: Astra Infra: 2,8 juta kendaraan melintas di tiga tol saat arus mudik

Secara total, sekitar 6,6 juta kendaraan sudah memanfaatkan ruas tol Astra Infra di Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto selama periode arus mudik dan arus balik lebaran sejak 31 Maret hingga 21 April 2024.

Secara keseluruhan, angka volume lalu lintas pada periode arus mudik dan balik 2024 meningkat 0,1 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 lalu.

Sejalan dengan data yang disampaikan Korps Lalu Lintas Polri terkait penurunan tingkat kecelakaan dan tingkat fatalitas pada arus mudik dan balik tahun ini, secara akumulasi, ketiga ruas tol Astra Infra pun turut mencatatkan penurunan jumlah kecelakaan sebesar 46 persen, dan penurunan jumlah fatalitas sebesar 50 persen, dibandingkan dengan periode arus mudik dan balik lebaran 2023.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh pengguna jalan yang telah memanfaatkan ruas tol Astra Infra pada perjalanan mudik tahun ini. Kami akan terus berusaha melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas layanan, agar penyelenggaraan mudik lebaran tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik setiap tahunnya,” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar.

Baca juga: Astra Infra imbau pemudik rencanakan perjalanan dengan baik

Sebagai salah satu bentuk apresiasi, Astra Infra memberikan diskon tarif tol selama periode lebaran 2024 di ruas tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto, yang berlaku sebesar 20 persen pada Rabu 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat 5 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk arus mudik.

Sedangkan untuk arus balik, diskon 20 persen diberikan pada Rabu (17/4) pukul 05.00 WIB hingga Jumat (19/4) pukul 05.00 WIB. Secara akumulasi, tercatat sekitar 900 ribu kendaraan memanfaatkan diskon tersebut.

Di Astra Infra Toll Road Tangerang–Merak sejak 31 Maret hingga 21 April 2024, total sekitar 3,2 juta kendaraan telah melintas di ruas tol Tangerang–Merak. Pada periode lebaran 2024, ruas tol Tangerang - Merak mencatatkan penurunan jumlah kecelakaan secara signifikan sebesar 92 persen dibandingkan pada periode lebaran 2023.

Baca juga: Astra Infra berlakukan diskon tarif di tiga ruas tol yang dikelolanya

Adapun tingkat fatalitas juga mengalami penurunan, dengan catatan 0 persen fatalitas atau ‘zero fatality’ di tahun 2024.

Selain itu, di Astra Infra Toll Road Cikopo–Palimanan, tercatat sekitar 2,2 juta kendaraan melintas 31 Maret hingga 21 April 2024. Pada periode tersebut, tercatat terjadi penurunan jumlah fatalitas sebesar 30 persen di ruas tol Cikopo - Palimanan, jika dibandingkan dengan periode lebaran 2023.

Adapun di Astra Infra Toll Road Jombang–Mojokerto, secara akumulatif, sejak 31 Maret hingga 21 April 2024, total sekitar 1,1 juta kendaraan telah melintas. Pada arus mudik dan balik tahun ini, ruas tol Jombang - Mojokerto mencatatkan penurunan jumlah kecelakaan sebesar 64 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2023, dengan tingkat fatalitas 0 persen ‘zero fatality’.

Baca juga: Astra Infra siapkan diskon tarif tol untuk urai kepadatan arus mudik

Volume lalu lintas Ruas Tol Astra Infra - arus mudik Lebaran 2024.
 
(ANTARA/ Astra Infra)

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024