Lebaran Bekasi menjadi suguhan spesial kita selaku tuan rumah MTQ untuk lebih memperkenalkan kearifan lokal budaya Bekas
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Perayaan tradisi tahunan Lebaran Bekasi dipastikan turut memeriahkan ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat, 27 April-5 Mei 2024 sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Bekasi memperkenalkan ragam budaya khas setempat.

"Selain memeriahkan MTQ Jawa Barat, Lebaran Bekasi menjadi suguhan spesial kita selaku tuan rumah MTQ untuk lebih memperkenalkan kearifan lokal budaya Bekasi," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Rabu.

Dia mengatakan perayaan Lebaran Bekasi ini dijadwalkan berlangsung pada Jumat (3/5) bertempat di  Kecamatan Cikarang Pusat, tidak jauh dari kompleks perkantoran Pemkab Bekasi.

Para rombongan atau kafilah peserta dari 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat akan disuguhkan seni kebudayaan asli Kabupaten Bekasi pada kegiatan yang dikhususkan untuk memeriahkan perlombaan MTQ tersebut.

Baca juga: Pemkab Bekasi tertibkan bangunan liar di jalur mudik

"Lebaran Bekasi merupakan event tambahan yang ditampilkan tanggal 3 Mei mulai siang hari. Ini juga akan menjadi atraksi tersendiri," katanya.

Dani mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi maupun warga luar daerah untuk turut menyaksikan seru acara spesial yang masih bertepatan dengan bulan Syawal penanggalan Hijriah atau momentum Idul Fitri.

Dirinya juga telah menginstruksikan segenap aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu untuk bisa menyaksikan langsung melalui tugas langsung berupa instruksi khusus pimpinan.

"Kalau masyarakat hadir tentu kita akan prioritaskan mereka di barisan depan. Nanti kami (ASN) hanya back up saja. Masyarakat silakan datang sebanyak-banyaknya," kata dia.

Ajang MTQ ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat 2024 digelar di 12 titik wilayah Kabupaten Bekasi. Perlombaan ini dibuka simbolis melalui pawai perkenalan atau taaruf kafilah peserta yang dilanjutkan dengan seremoni pembukaan pada Ahad (28/4).

Baca juga: Damkar Bekasi: Waspadai potensi kebakaran rumah kosong
Baca juga: Bekasi angkut sampah sepanjang 1,5 kilometer dari aliran Kali Pasir


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024