Jumlah ini mengalami kenaikan dari tahun lalu, penumpang berangkat berjumlah 18.000 lebih dan penumpang datang 17.000 lebih.
Manokwari (ANTARA) - PT Pelni Cabang Manokwari, Papua Barat mencatat jumlah penumpang mudik Lebaran 2024 yang menggunakan transportasi laut naik 20 persen dibanding tahun 2024.

Kabag Ops Pelni Manokwari Abdul Rais Akbar, di Manokwari, Kamis, mengatakan dari tanggal 24 Maret hingga 25 April 2024, jumlah penumpang berangkat dari Pelabuhan Manokwari mencapai 22.000, sedangkan penumpang datang mencapai 21.000 orang.

"Jumlah ini mengalami kenaikan dari tahun lalu, dimana tahun lalu penumpang berangkat berjumlah 18.000 lebih dan penumpang datang 17.000 lebih," katanya pula.

Ia menjelaskan, kenaikan penumpang memang sudah diprediksi oleh Pelni sudah lepas dari pandemi COVID-19. Tahun-tahun sebelumnya ada pembatasan perjalanan.

Dia mengatakan, ada tujuh kapal yang bersandar di Manokwari pada pelayanan arus mudik Lebaran. Ketujuh armada tersebut adalah KM Dobonsolo, KM Sinabung, KM Ciremai, KM Labobar, KM Gunung Dempo, KM Sirimau, dan KM Tidar.

Khusus arus mudik Lebaran tahun ini, Pelni menambah satu kapal yaitu KM Dobonsolo. Pada rute reguler kapal tersebut tidak masuk di Manokwari, tapi hanya melayani rute Jayapura-Serui-Sorong-Ambon-Baubau-Makassar-Surabaya-Jakarta.

Pelayanan arus mudik Lebaran dari Pelni berakhir tanggal 26 April 2024. Setelah tanggal 26 April, seluruh kapal akan kembali ke rute semula, dan KM Dobonsol tidak sandar lagi di Manokwari.

Untuk puncak arus balik terjadi pada hari ini, Kamis, 25 April 2024. Dimana dalam satu hari empat kapal bersandar di pelabuhan Manokwari yaitu KM Ciremai, KM Tidar, KM Gunung Dempo dan KM Dobonsolo.

“Dari keempat kapal tersebut, rata-rata melayani penumpang turun dari arah Barat (Sorong). Kapal dari arah Timur (Jayapura) hanya KM Gunung Dempo. Kapal terakhir yang mengangkut arus balik lebaran dari arah Barat ke Kabupaten Manokwari yaitu KM Dobonsolo yang akan sandar pukul 20.00 WIT nanti,” katanya.

Ia menambahkan, selama arus mudik Lebaran 2024 tidak ada kejadian menonjol, semua berjalan lancar, aman dan tidak ada kendala yang berarti.

Namun PT Pelni Manokwari tetap melakukan evaluasi untuk perbaikan di masa datang baik pada masa angkutan mudik maupun pelayanan secara umum.
Baca juga: Pelni Manokwari menambah satu armada layani mudik Lebaran
Baca juga: Pelni: Masyarakat antusias memanfaatkan tiket mudik gratis Lebaran

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024