Jakarta (ANTARA) - Commerce Communications Director Shop Tokopedia, Nuraini Razak mengungkapkan bahwa integrasi Tokopedia dan TikTok (Shop Tokopedia) menuai hasil yang positif terutama pada masa Ramadhan.

Dalam hal ini, dirinya mencatat terdapat tiga kategori yang paling diburu oleh konsumen tanah air, seperti produk fashion, skincare, hingga makanan yang akan disajikan pada saat Hari Raya.

“Fashion memang menjadi buruan para konsumen ya untuk tampil gemilang di hari raya, lalu ada skincare juga dan makanan ringan persiapan untuk lebaran dalam menyambut tamu yang datang,” kata Nuraini Razak di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Tokopedia catat 3 kategori terlaris selama “Ramadhan Ekstra Seru”

Menurut catatan yang diterimanya, Kampanye Ekstra Ramadhan yang diikuti oleh UMKM lokal memiliki kenaikan pada masa Ramadhan dan lebaran, meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa sebelumnya.

Penjualan UMKM brand lokal melalui kampanye “Beli Lokal” juga memiliki peningkatan yang cukup drastis, yakni hingga mencapai sembilan kali lipat di berbagai kategori.

Saat ini Tokopedia sudah memiliki sekitar 21 juta penjual yang memasarkan berbagai brand untuk memenuhi kebutuhan konsumen tanah air yang saat ini sudah menggunakan Tokopedia sebanyak 100 juta lebih.

Baca juga: Biaya layanan lokapasar naik, UMKM diimbau fokus genjot penjualan

Meski begitu, pihaknya tidak terlalu memikirkan target penjual yang menggunakan platform digital. Pihaknya tengah fokus untuk memberikan ruang bagi para pelaku usaha lokal dalam menjajakan usaha atau barang yang mereka tawarkan.

“Terus terang, kita tidak pernah punya target penjual, sebagai gambaran saja, di 2019 itu penjual kita masih 6 juta. Dulu untuk naik 1 juta saja butuh waktu 2 tahun, dari 2019 hingga hari ini yang sudah mencapai 21 juta artinya para penjual lebih sadar mudahnya membuka usaha tanpa harus banyak memikirkan sewa ruko dan lainnya,” tutup dia.

Baca juga: Tiktok-Tokopedia disebut buka ruang pasar yang lebih luas bagi UMKM

Baca juga: Tokopedia dorong peningkatan bisnis ramah lingkungan


Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024