"Pasar kaget" Ramadhan bermunculan di Bekasi

Selasa, 1 Juli 2014 22:13 WIB
"Pasar kaget" Ramadhan bermunculan di Bekasi
Pasar Murah Ramadan Peserta pasar murah menjelaskan pembuatan barang dagangannya kepada calon pembeli pada Pasar murah Ramadan yang diselenggarakan pemerintah provinsi Sumatera Selatan di halaman UPTD Balai Pelayanan Kemetrologian Palembang, Sumsel, Selasa (1/7). Pasar yang ditujukan untuk menstabilkan harga Sembako itu tidak hanya menjual barang kebutuhan pokok tetapi juga menyediakan aneka barang yang dihasilkan usaha kecil menengah di Kota Palembang. ANTARA FOTO/Feny Selly ()
Bekasi (ANTARA News) - Sejumlah lokasi pasar kaget yang menawarkan menu berbuka puasa mulai bermunculan di Kota Bekasi, Jawa Barat, sejak berlangsungnya Ramadhan 1435 H/2014.

Salah satunya terpantau di Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih.

"Seluruh lapak dagangan ini dikelola warga kompleks perumahan di sini. Kita rutin setiap tahun berjualan seperti ini," ujar Ketua Karang Taruna RW13 Perumahan Pondok Mitra Lestari, Bayu (34), di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, menu berbuka puasa yang disajikan sekitar 20 lapak pedagang di simpang Masjid Binaul Ummah perumahan itu beragam.

"Ada menu tajil seperti kolak pisang, es sirup, es buah, gorengan, kue, dan lainnya. Ada juga menu makan lain seperti sayur, pepes ikan, dan ayam goreng," katanya.

Salah satu pedagang ayam bakar Etoy (50), mengaku mencari tambahan penghasilan dengan membuka lapak dagangan setiap hari mulai puku 15.00 WIB.

"Lumayan, dari 20 ekor ayam yang kita siapkan, sampai sore ini sudah mulai habis. Per porsi saya jual Rp10.000 dengan nasi putih," katanya.

Sementara itu, pasar kaget lainnya juga nampak di sejumlah lokasi lain seperti, Jalan Raya Taman Galaxy, Jalan KH Agus Salim, Jalan Perumnas Raya I, dan Perumahan Zambrud.

"Adanya pasar keget itu dimaksudkan untuk masyarakat kecil menmperoleh rezeki di bulan Ramadhan. Jadi orang-orang pasar yang pagi hari tidak bisa jualan, sore hari kita tampung di pasar kaget itu," kata Ketua RW 11 Oerumahan Zambrud, Pedurenan, Suparyono.

Menurut dia, kegiatan tersebut masuk dalam agenda rutin pengurus RW setempat setiap Ramadhan tiba.

"Saat ini sudah jalan sekitar enam tahun sejak saya menjabat RW," katanya.

Pasar kaget di kawasan itu memanfaatkan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada di Blok S perumahan Dukuh Zamrud.

Namun dalam pasar kaget itu tidak hanya menyajikan menu berbuka puasa, tapi juga sejumlah perlengkapan rumah tangga dan otomotif.

(KR-AFR/H-KWR)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Berita Lainnya
Komentar
Terpopuler
  1. Mudik Merak H-7 22.286 views
  2. Ceramah Ramadan Arcandra Tahar 18.945 views
  3. Mudik Motor Pelabuhan Merak 7.020 views
  4. Ngabuburit Mercon Zlung 6.837 views
  5. Ceramah Menjaga NKRI 6.709 views
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
PT Jasa Marga Tbk mencatat ada sebanyak 109.165 kendaraan dari kawasan Jakarta melintasi pintu masuk gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, menuju arah Timur pada enam hari ...
Kelapa muda bakar menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa pada Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Syahbanda (42), salah seorang pedagang ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...