Jakarta (ANTARA News) - Menu Ramadhan setiap orang berbeda-beda, dan ada beberapa keluarga yang mempunyai menu wajib setiap saur maupun buka.

Berikut pengalaman sejumlah selebritis dalam menjalani Ramadhan dan menyiapkan menu bagi keluarganya. Mereka adalah Lula Kamal, Mona Ratuliu, Tasya Kamila dan Chika Jessica berbagi kisah tradisi Ramadhan dan tips tetap sehat dan cantik selama Ramadhan.

Lula Kamal

Salah satunya adalah presenter yang juga berprofesi sebagai dokter, Lula Kamal.

Ibu tiga anak itu mengatakan, pada hari pertama puasa dia membiarkan putera-puterinya memilih menu favoritnya sebagai santapan sahur dan berbuka.

"Hari pertama biasanya saya membolehkan anak-anak makan apa yang mereka inginkan. Jadi saya tanya, hari ini mau makan apa, nanti saya siapkan, supaya mereka lebih bersemangat menjalankan puasa," kata Lula di Jakarta, Minggu.

Setelah itu, menu makanan di keluarga Lula Kamal akan kembali seperti biasa dengan banyak sayur serta buah.

"Anak aku menu wajibnya abon. Jadi mau makan apa saja tetap harus ada abon, jadi itu yang diminta," kata Lula.

Lula menambahkan, menu sahur yang baik adalah termasuk buah dan sayur-sayuran karena selain kaya serat juga mampu menahan haus cukup lama. Oleh sebab itu, sayur dan buah juga menjadi menu wajib di keluarganya.

Mona Ratuliu

Sama seperti Lula Kamal, Mona Ratuliu, artis yang populer memerankan tokoh Poppy dalam sinetron Lupus Milenia itu juga menyajikan keistimewaan di hari pertama puasa daam keluarganya.

Ibu tiga anak itu mengatakan, pada hari pertama dia biasa menghias meja makannya dengan bunga-bunga untuk menambah keistimewaan jamuan.

"Ramadan itu bulan yang spesial, saya selalu berusaha membuat anak-anak tahu kalau Ramadhan itu seru, jadi di meja makan ada bunga. Masakannya pun, walau cuma masakan sehari-hari tapi kita hidangkan secara spesial. Yang tadinya cuma ambil di dapur, kali ini saat buka puasa bersama pertama dihidangkan spesial di meja makan dan ada bunganya. Indah lah pokoknya. Biar anak-anak tahu ini hari yang spesial. Nanti saat yang kecil mencoba puasa, dia sudah punya memori akan suasana seru dan menyenangkan," kata Mona.

Menu favorit di keluarga pasangan artis Indra Brasco dan Mona Ratuliu selama Ramadhan adalah kolak campur pisang dan ubi.

"Selain itu selalu ada minuman es, ganti-ganti, misalnya hari ini es cendol, besok es kelapa muda, kadang-kadang es krim. Kalau pada hari-hari biasa es krim langsung dikasih ke anak, tapi kalau Ramadan beda, ditambahin apalah biar kelihatan cantik. Supaya momen buka puasanya jadi menyenangkan buat anak-anak. Buah-buahan juga disajikan menarik dari yang biasanya cuma dipotong-potong," katanya.

Lebih lanjut Mona mengatakan tidak ingin memberi imbalan atau "reward" pada anak-anaknya yang berhasil melakukan puasa, karena menurutnya hal itu hanya akan menimbulkan rasa pamrih.

"Biasanya kami janjian di depan, aku tidak ingin anak-anak mendambakan semacam upah. Nanti kalau puasa, takutnya besok-besok malah minta hadiah melulu, minta dibayarin dan diupahin terus setiap melakukan sesuatu. Jadi aku lebih memilih ngomongnya di depan, semacam memberi target yang dia bisa achieve dengan cara-cara tertentu," katanya.

Tasya Kamila

Artis muda Tasya Kamila memiliki tips tersendiri untuk menjalani ibadah puasa agar tetap bisa beraktivitas tanpa merasa terbebani oleh perasaan lelah, lapar dan haus.

"Yang penting adalah niat dan keikhlasan berpuasa, walaupun aku banyak aktivitas, tidak merasa terganggu karena semuanya diawali dengan niat," kata mantan penyanyi cilik itu.

Selama Ramadhan, menu berbuka favorit Tasya adalah es blewah lengkap dengan sirup manis.

"Kalau sahur aku tidak pernah pilih-pilih, yang penting ada kuah. Pas sahur kan masih ngantuk jadi kalau ada kuah bisa lebih enak makannya. Selama puasa aku juga pilih makan pakai nasi merah. Nasi merah seratnya tinggi, lebih bagus dari pada nasi putih. Saran dokter gizi aku begitu," katanya.

Pelantun lagu "Anak Gembala" itu juga mengaku tetap memperhatikan penampilannya selama Ramadhan. Hal yang paling dikhawatirkannya saat puasa adalah bibir yang menjadi kering karena kurang minum.

"Salah satu masalah aku saat puasa adalah bibir kering, dari dulu selalu begitu karena aku susah minum air putih, harus diingetin terus. Sampai-sampai asisten aku selalu mengingatkan. Kalau bulan puasa apalagi kita enggak bisa minum di siang hari. Jadi aku pakai lipbalm, petroleum jelly yang beli di Arab, tapi di sini juga ada sih. Dioleskan saja pada bibir, dan itu ngaruh banget. Soalnya Kalau madu juga tidak boleh kan lagi puasa," katanya.

Chika Jessica

Satu lagi selebritis muda yang juga bersuka cita menjalani ibadah puasa, Chika Jessica.

Meski berpuasa, presenter sekaligus DJ itu tetap terlihat lincah di televisi. Rahasianya, Chika rajin mengkonsumsi madu saat sahur.

"Saat sahur aku minum madu, biasanya kalau tidak puasa aku mengkonsumsi madu sehari sekali, sekarang dua kali," kata Chika.

Selain itu, Chika juga memiliki menu favorit selama Ramadhan.

"Karena aku keturunan Jerman dan Korea, haha bercanda. Makanan favorit aku adalah bakwan pakai cabe rawit dan bumbu kacang, sama es campur. Aku suka minum dingin selama bulan puasa, tapi kalau bakwan memang sudah kebiasaan banget," katanya.

Brand ambassador produk Sony XPeria C4 itu mengaku tidak mengkhawatirkan sakit meski mengkonsumsi gorengan.

"Iya aku takut makan goreng karena aku penyanyi dan itu enggak bagus untuk tenggorokan," selorohnya.

"Enggak takut sih, tapi kalau aku jadi penyanyi aku bakal jauhin bakwan," lanjutnya.

Menjalankan ibadah puasa memang seharusnya diawali dengan sebuah niat dan keikhlasan menjalankan perintah-Nya, namun hal-hal kecil bisa dilakukan supaya ibadah puasa bisa dijalankan dengan lebih menyenangkan seperti yang dilakukan para pesohor negeri. Lalu, apa tips puasa Anda?
 
 

Pewarta: Oleh Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015