Palu (ANTARA News) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah menghimbau kepada seluruh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan untuk memanfaatkan Ramadhan dengan baik.

Ketua MUI Kota Palu, Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag menyatakan bahwa MUI mengajak kepada seluruh umat Islam didaerah tersebut untuk meningkatkan ibadah dan amal shaleh di bulan Ramadhan.

"MUI sangat berharap agar seluruh masyarakat utamanya umat Islam memanfaatkan Ramadhan dengan baik, agar bulan ramadhan yang diisi dengan berbagai aktivitas keagamaan dapat memberikan dampak terhadap perubahan perilaku," ungkap Prof. Zainal Abidin, di Palu, Selasa.

Dirinya menegaskan jika beberapa hari Ramadhan yang telah dilewati, tidak memberikan perubahan perilaku bagi umat Islam untuk rajin beribadah dan melakukan amal kebaikan.

Maka, sebut dia, puasa yang dijalani tidak memberikan dampak positif kepada seorang atau sekelompok orang muslim tersebut, dalam perilaku, sikap serta keimanannya.

Pakar pemikiran Islam modern itu menyebut bahwa agar amal shaleh meningkat, maka umat muslim perlu mengetahui arti dari puasa itu sendiri yang saat ini tengah dijalani oleh seluruh umat Islam dipenjuru dunia.

Dimana puasa memiliki arti menahan makan dan minum, serta menahan untuk tidak berhubungan badan suami istri mulai dari waktu imsak sampai waktu berbuka puasa.

"Hal ini perlu untuk diketahui oleh umat Islam yang mengerjakan ibadah puasa di bulan ramadhan di daerah tersebut, untuk dilaksanakan sebagai penambah pahala dan meningkatkan keimanan," ujarnya.

Olehnya, tegas dia, seorang muslim yang mengerjakan ibadah puasa diawal dengan niat, kemudian diikuti oleh seluruh panca indera dalam tindakan, termasuk menahan hawa nafsu.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016