Karawang (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengimbau agar para kepala daerah di sekitar Jawa Barat mengajak masyarakatnya yang beragama Islam rajin ke masjid.

"Masyarakat, khususnya kaum laki-laki, harus rajin ke masjid. Sebab masjid merupakan sumber kebaikan. Para kepala daerah harus mendorong agar masyarakatnya yang muslim rajin ibadah di masjid," katanya, di sela kegiatan tarawih keliling di Masjid Agung Karawang, Senin malam.

Ia mengatakan, selama ini cukup banyak masjid yang bangunannya cukup megah. Tetapi disayangkan, jamaah masjidnya sedikit.

Heryawan menilai, jika kepala daerah di Jawa Barat berhasil mengubah masyarakat, khususnya laki-laki, yang sebelumnya malas ke masjid, menjadi rajin ke masjid, maka kepala daerah itu telah berhasil melakukan revolusi mental masyarakatnya.

Dalam setiap kegiatan tarawih keliling di berbagai daerah sekitar Jawa Barat, Gubernur mengaku agar masyarakat muslim, khususnya laki-laki, lebih rajin lagi datang ke masjid untuk beribadah.

Hal tersebut disampaikan agar keberadaan masjid yang megah bisa diimbangi dengan masih banyaknya jamaah masjid tersebut.

"Mari kita membangun kerinduan masyarakat, khususnya laki-laki, untuk ibadah ke masjid. Karena masjid bisa menghadirkan kebaikan bagi pemuda, mahasiswa dan masyarakat umum secara luas," kata dia.

Selain itu, dengan rajin ke masjid, maka silaturahmi antara masyarakat yang satu dengan lainnya akan terjadi. Itu juga bisa memicu keharmonisan antara masyarakat yang satu dengan lainnya.

Pewarta: M Ali K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016