Puncak arus mudik Pelabuhan Merak Minggu malam

Minggu, 3 Juli 2016 19:30 WIB
Puncak arus mudik Pelabuhan Merak Minggu malam
Arus Mudik Lebaran Di Pelabuhan Merak. Sejumlah kendaraan menunggu memasuki kapal untuk menyeberangi Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (3/7/2016) malam. PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak menyiapkan sebanyak 58 kapal "roll on roll of" untuk melayani pemudik yang jumlahnya pada tahun ini diperkirakan naik sebesar lima persen daripada tahun sebelumnya. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu) ()
Merak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry memprediksikan puncak arus mudik Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten terjadi malam hingga dini hari.

"Kami memastikan puncak arus mudik menuju Pulau Sumatera terjadi malam ini atau H-3," kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Danang S Baskoro di Merak, Minggu.

Puncak arus mudik tahun ini meningkat sekitar enam persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Meningkatnya pemudik tersebut terus ditingkatkan pelayanan baik kesiapan kapal "Roll on Roll Of" atau Ro-ro juga fasilitas sarana pelabuhan guna mendukung kelancaran arus lalu lintas juga kenyamanan pemudik.

Selain itu juga melibatkan posko pengamanan, posko kesehatan dan penambahan loket.

"Kami terus bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap pemudik yang menggunakan jasa transportase penyeberangan dengan kelancaran serta sampai tujuan dalam kondisi selamat," katanya.

Menurut dia, puncak arus balik diperkirakan mencapai 100 ribu penumpang, 25 ribu sepeda motor dan 15 ribu kendaraan pribadi.

Karena itu, pihaknya optimistis penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar.

ASDP Merak mengoperasikan 28 kapal Ro-Ro dengan target perjalanan sebanyak 90 trip sehingga dapat mengatasi kemacetan kendaraan.

Kegiatan bongkat muat kapal di dermaga pelabuhan dipercepat hingga 45 menit bisa melakukan kembali perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni.

"Kami mengutamakan pelayanan yang terbaik sebagai komitmen ASDP," katanya.

Menyinggung pengemudi kendaraan pribadi yang mengeluhkan kemacetan hingga menunggu berjam-jam, kata dia, hal itu biasa karena volume kendaraan begitu padat dengan datang secara bersamaan.

Selama ini, antrean kendaraan maupun penumpukan penumpang sudah diseberangkan menuju Pulau Sumatera.

"Kami meminta pemudik agar melakukan perjalanan pada siang hari guna menghindari antrean kendaraan," katanya.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Berita Lainnya
Komentar
Terpopuler
  1. Mudik Merak H-7 22.195 views
  2. Ceramah Ramadan Arcandra Tahar 18.858 views
  3. Mudik Motor Pelabuhan Merak 6.918 views
  4. Ngabuburit Mercon Zlung 6.734 views
  5. Ceramah Menjaga NKRI 6.630 views
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Kelapa muda bakar menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa pada Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Syahbanda (42), salah seorang pedagang ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...