Arus milir Malang-Surabaya menumpuk di gerbang tol Pandaan

Senin, 11 Juli 2016 08:24 WIB
Arus milir Malang-Surabaya menumpuk di gerbang tol Pandaan
Tol Gempol-Pandaan. (ANTARA FOTO/Moch Asim)
Pasuruan (ANTARA News) - Arus balik/milir dari Malang menuju Surabaya menumpuk di simpang empat pintu masuk jalan tol Pandaan sepanjang tiga kilometer (km) akibat volume kendaraan, Minggu (10/7) malam atau H+3.

"Dinas Perhubungan (Dishub) telah melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang, yaitu dengan mempercepat pergantian lampu merah," kata Kepala Dishub Kabupaten Pasuruan, Heri Yitno, di Pasuruan, Senin.

Pada masa mendatang, pihaknya telah merencanakan untuk membebaskan lahan pada titik simpang empat Taman Dayu Pandaan, sehingga pada titik tersebut bisa dilebarkan hingga empat lajur.

"Proses pembebasan lahan saat ini sudah berlangsung. Namun pembangunannya akan dilakukan pada akhir tahun 2016 atau awal 2017," kata Heri Yitno.

Sementara itu, Kanit Patroli Polres Pasuruan, Iptu Gede Sukana menambahkan, kemacetan arus lalu lintas tersebut terjadi karena tingginya volume kendaraan.

"Untuk mengantisipasi pada ruas jalur tersebut, kami telah memasang barikade pada persimpangan jalan agar tidak digunakan untuk putar balik pengendara," ujarnya.

Meski terjadi kepadatan, lanjutnya, arus lalu lintas relatif lancar. Namun pihaknya masih memasang barikade di jalur Purwodadi hingga Pandaan agar tidak digunakan untuk putar balik arah pengendara.

"Kemacetan arus lalu lintas dari Malang ini terjadi sejak di jalur Purwodadi-Purwosari. Setelah melewati simpang tiga Purwosari arus lalu lintas kembali menumpuk di kawasan Sukorejo hingga Pandaan," paparnya.

Seorang pengendara asal Surabaya, Slamet Wahyudi menuturkan harus rela menghadapi kemacetan di jalur Malang-Pandaan sejauh 40 KM yang harus ditempuh sekitar tiga jam.

"Kendaraan berhenti lama mulai di Sukorejo karena ruas jalan yang sempit. Perjalanan dari Malang sampai Pandaan lebih dari tiga jam," tandasnya.

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Berita Lainnya
Komentar
Terpopuler
  1. Mudik Merak H-7 22.011 views
  2. Ceramah Ramadan Arcandra Tahar 18.677 views
  3. Mudik Motor Pelabuhan Merak 6.715 views
  4. Ngabuburit Mercon Zlung 6.544 views
  5. Ceramah Menjaga NKRI 6.453 views
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Kelapa muda bakar menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa pada Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Syahbanda (42), salah seorang pedagang ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...