Jakarta (ANTARA News) - Menambahkan keju ke hampir setiap masakan akan menambah cita rasa gurih dan membuat makanan terasa lebih nikmat.

Namun ada kalanya saat memasak ada keju yang tersisa dan harus disimpan. Lama kelamaan, kejunya jadi mengeras sehingga tidak bisa dipakai untuk memasak, akhirnya dibuang.

Bagaimana cara terbaik menyimpan sisa keju setelah kemasan dibuka?

Pertama, disarankan untuk membeli keju dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan memasak. Saat ini, berbagai produsen keju sudah menyediakan ragam ukuran yang bisa dipilih pembeli.

Bila tetap ada keju yang tersisa dan terlanjur mengeras, potong bagian itu, lalu tutup semua permukaan dengan alumunium foil.

"Jika kartonnya masih ada, taruh di dalam karton, lalu ikat dengan karet. Yang penting masih ditutup alumunium foil," jelas Senior Brand Manager Meals Mondelez Indonesia Putri Happy di Jakarta beberapa waktu lalu.

Bila kotak kemasannya sudah dibuang, masukkan sisa keju ke dalam kotak kemasan kedap udara.

Endang Indriani, penulis buku resep dan food blogger, punya trik lain. Dia biasanya menyimpan sisa keju dalam kertas baking bila tidak ada alumunium foil.

Endang menambahkan, bagian keju yang keras karena disimpan di kulkas juga sebenarnya masih bisa diolah jadi makanan selama kejunya tidak berjamur.

"Parut saja yang keras, lalu campur ke dalam sup krim," katanya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017