Jakarta (ANTARA News) - Simak lima berita kemarin terkait Ramadhan, dari fasilitas iktikaf Masjid Al-Muttaqin Gedung Sate hingga tips jual beli mobil bekas.


Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengajak dan mengundang warga Muslim untuk memakmurkan Masjid Al Muttaqin Gedung Sate Bandung dengan beritikaf selama 10 hari terakhir Ramadhan 1438 H/2017 M.

Kepala Bagian Publikasi Sekretariat Daerah Jawa Barat Ade Sukalsah mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Yayasan Pondok Quran Bandung menyediakan fasilitas bagi warga yang iktikaf di masjid itu.


Pasar mobil bekas biasanya bergairah menjelang musim mudik, sebagian besar didorong peningkatan kebutuhan kendaraan untuk pulang ke kampung halaman guna merayakan Lebaran.

Namun menurut COO perusahaan jual beli mobil bekas mobil88, Halomoan Fischer, peningkatan kebutuhan itu kerap kali dimanfaatkan penjual untuk melepaskan mobil-mobil yang cenderung bermasalah.

"Yang biasanya terjadi, semakin dekat Lebaran semakin banyak panic buying. Saya sih pesannya kalau sudah mendesak sementara waktu scanning semakin sempit, belilah di tempat yang terpercaya, karena momentum ini sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," kata Fischer.


Ratusan penumpang yang arus mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara terpaksa mengurungkan niat berangkat karena kapal telah penuh.

Ismail, salah seorang penumpang yang batal berangkat mengatakan, dirinya bersama istri dan dua anaknya yang rencananya mudik Lebaran menggunakan KM Cattleya Ekspres kembali ke rumah keluarganya.

Ia mengatakan, membatalkan berangkat karena barang miliknya tidak sempat dinaikkan ke kapal akibat petugas syahbandar mempercepat pemberangkatan demi keselamatan pelayaran.


Ahli jantung dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk dr Maizul Anwar SpBTKV meminta masyarakat untuk mewaspadai nyeri ulu hati saat berpuasa.

"Banyak orang yang mengabaikan nyeri pada ulu hati saat puasa sebagai gejala dari penyakit lambung padahal nyeri ini bisa dari penyakit jantung koroner (PJK)," ujar Maizul di Jakarta, Sabtu.


Kepolisian Resor Batang akan menyiagakan "sniper" (penembak jitu) pada titik rawan kejahatan di sepanjang jalur fungsional Tol Batang-Semarang.

Wakil Kepala Polres Batang Kompol Widodo Ponco Susanto mengatakan langkah ini diambil untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pemudik berkendaraan yang melintas di jalur ini.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017