Jadi, kalau sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang saat arus mudik atau pun arus balik, maka bus-bus tambahan itu akan langsung kami kerahkan
Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan ratusan unit bus yang akan dimanfaatkan sebagai angkutan tambahan mudik Lebaran tahun ini.

"Selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, kami menyiapkan sebanyak 563 unit bus tambahan," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, dari total keseluruhan 563 unit bus tersebut, sebanyak 250 unit di antaranya merupakan jenis bus kota dan 313 unit bus pariwisata.

Selain bus-bus angkutan tambahan Lebaran tersebut, dia menuturkan Dishub juga menyiapkan sebanyak 3.111 unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

"Kalau dijumlahkan semuanya, ada sebanyak 3.674 unit bus yang kami siapkan untuk melayani para pemudik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri tahun ini," tutur Andri.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan secara keseluruhan, jumlah angkutan Lebaran yang disiapkan pada tahun ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tahun ini, angkutan Lebaran yang kami siapkan jumlahnya lebih banyak dari pada Lebaran tahun kemarin karena tren jumlah penumpang setiap tahun terus meningkat," ungkapnya.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017