Jamaah An Nadzir Gowa berlebaran hari ini

Sabtu, 24 Juni 2017 10:05 WIB
Jamaah An Nadzir Gowa berlebaran hari ini
Jemaah An Nadzir saling berpelukan dan bermaaf-maafan seusai melaksanakan Salat Idulfitri di Kampung Mawang, Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (24/6/2017). Jemaah An Nadzir yang menghitung Hisab 1 Syawal secara manual dengan melihat tanda-tanda alam seperti pasang air laut dan pergerakan bulan, menetapkan dan melakasanakan Idulfitri 1438 H lebih awal. (ANTARA/Adwit B Pramono)
Gowa, Sulawesi Selatan (ANTARA News) - Jamaaah An Nadzir, yang identik dengan rambut bercat pirang, melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 Hijiriah di Lapangan Desa Mawang, Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Mereka setiap tahun menetapkan tanggal 1 Syawal berdasarkan perhitungan bulan dan tanda-tanda alam seperti pasang surut air laut, tidak mengikuti penetapan awal Syawal pemerintah.

"Sesuai dengan tanda-tanda alam, maka kami menyakini 1 Syawal jatuh pada hari ini, dan tentu kami berlebaran serta melaksanakan shalat Id di lapangan," kata pemimpin jamaah An Nadzir, Ustaz Lukman.

Sejak subuh, anggota jamaah itu berbondong-bondong menuju lapangan, para lelaki menggunakan jubah pakaian berwarna hitam dengan sorban di kepala.

Para perempuannya mengenakan pakaian terusan berwarna hitam dengan cadar menutupi wajah, beberapa sambil membawa anaknya yang juga berpakaian serba hitam.

Di lapangan tempat mereka setiap tahun shalat Id, ada beberapa pohon kurma, yang tumbuh normal tapi tidak berbuah.

Lantunan asma Allah dan suara takbir dilantunkan melalui pelantang suara oleh jamaah yang lebih dahulu datang.

Ustaz Lukman menyampaikan khotbah shalat Id. Usai shalat, jamaah saling berjabat tangan hingga berpelukan satu sama lain, lalu pulang ke perkampungan masing-masing.

Beberapa di antara mereka pulang menggunakan rakit melewati danau untuk menuju ke rumah yang berada tidak jauh dari lapangan itu.

Pemerintah bersama organisasi kemasyarakatan Islam menurut rencana akan melaksanakan sidang isbat setelah pemantauan hilal pada Sabtu petang untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1438 Hijriah.



Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Terpopuler
  1. Mudik Merak H-7 21.932 views
  2. Ceramah Ramadan Arcandra Tahar 18.518 views
  3. Mudik Motor Pelabuhan Merak 6.625 views
  4. Ngabuburit Mercon Zlung 6.446 views
  5. Ceramah Menjaga NKRI 6.311 views
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
PT Jasa Marga Tbk mencatat ada sebanyak 109.165 kendaraan dari kawasan Jakarta melintasi pintu masuk gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, menuju arah Timur pada enam hari ...
Kelapa muda bakar menjadi salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa pada Ramadhan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Syahbanda (42), salah seorang pedagang ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...