Jakarta (ANTARA News) - Mudik bisa jadi ajang menikmati sajian makanan di kampung halaman yang lama dirindukan, juga membawa pulang camilan-camilan khas ke Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Hidayat, yang akan pulang ke Surabaya juga punya kebiasaan serupa. Dia biasanya membeli makanan khas dari daerah untuk dibawa ke Jakarta.

"Dari Surabaya biasanya kami beli terasi," kata Hidayat, pada ANTARA News di rumah dinas, Jakarta, Minggu. "Sama kerupuk udang," timpal Heppy Farida, istrinya.

Mereka dan keluarganya berencana pulang ke Surabaya pada hari kedua Lebaran untuk berziarah ke makam orangtua.

Pada hari pertama Lebaran, Hidayat berangkat ke Mesjid Istiqlal untuk menunaikan sholat Ied, kemudian makan di silaturahmi terbuka di Balai Kota Jakarta, dilanjutkan bersilaturahmi ke rumah beberapa mantan gubernur DKI Jakarta.

Di Balai Kota Jakarta, Hidayat telah berjumpa dengan Sutiyoso yang akrab disapa Bang Yos. Dia juga akan berkunjung ke kediaman Soerjadi Soedirdja. 

Ada juga rencana bersilaturahmi ke kediaman Fauzi Bowo, tapi Hidayat belum memastikan apakah pria yang akrab disapa Foke itu tahun ini sedang ada di Jakarta atau tidak.

"Silaturahmi itu harus kita bangun terus karena Jakarta tidak bisa kita pandang hanya sepotong-sepotong, tapi berkelanjutan," imbuh dia.


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017