Bandung (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengimbau pemudik arus balik Idul Fitri 1438 Hijriah yang akan melintasi wilayah selatan Jawa Barat seperti Garut dan Tasikmalaya, mewaspadai kemungkinan terjadinya hujan di daerah itu.

"Untuk cuaca di wilayah selatan Jawa Barat Sabtu ini hingga Minggu akan hujan ringan dengan suhu udara antara 20 hingga 30 derajat Celcius," kata Prakirawan BMKG Bandung Neneng Sugianti ketika dihubungi melalui telepon, Sabtu.

Puncak arus balik Lebaran 2017 di wilayah Jawa Barat diperkirakan akan terjadi dari Sabtu siang ini hingga Minggu (2/7).

Hujan dengan intensitas ringan, menurut Neneng, diprakirakan mengguyur wilayah Selatan Jawa Barat hingga Minggu (2/7).

"Cuaca untuk Minggu besok diprediksi akan hujan ringan, jadi untuk para pemudik diimbau agar lebih berhati-hati saat hendak pulang dari kampung halaman ke tempat kerja masing-masing. Untuk pemudik sepeda motor jangan lupa bawa jas hujan," kata dia.

Sementara itu, lanjut dia, cuaca di wilayah Utara Jawa Barat seperti Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Indramayu pada puncak arus balik Lebaran 2017 juga diperkirakan hujan ringan.

"Untuk siang hari cuaca di utara Jawa Barat berawan dan malam harinya hujan ringan sedangkan untuk Minggu besok diperkirakan hujan ringan juga," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017